Hari Pertama PPDB, 5.455 Orang Mendaftar

61
Sejumlah orangtua siswa mendaftarkan anaknya di SDN 11 Lolong, kemarin. (Foto: Indra Kurniawan-Padang Ekspres)

Semua SD Negeri di Kota Padang telah mulai menerima pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021, kemarin (11/6). PPDB ini akan berlangsung hingga 16 Juni mendatang. Salah satunya SD Negeri 11 Lolong yang berlokasi di Jalan Beringin Raya Nomor 13, Kelurahan Lolongbelanti, Kecamatan Padang Utara.

Pantauan Padang Ekspres di lokasi sekitar pukul 09.42, para panitia PPDB SDN 11 Lolong tampak sibuk melayani orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya untuk bisa bersekolah di SDN 11 Lolong.

Proses penerimaan pendaftaran pun tampak mengikuti protokol kesehatan seperti para tamu diwajibkan memakai masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan phyiscal distancing.

Kepala SDN 11 Lolong, Syafril kepada Padang Ekspres menyampaikan, PPDB di SDN 11 Lolong dimulai sejak pukul 08.00 dengan menerapkan protokol kesehatan. “Alhamdulillah semua protokol kesehatan sudah kami terapkan. Saat antrean, para orangtua kami panggil satu per satu,” katanya.

Dia menambahkan, total kuota PDB yang diterima SDN 11 Lolong tahun ini ada 27 siswa atau satu rombongan belajar (rombel). “Jumlah ini sama jika dibanding tahun lalu. Seharusnya 28 siswa, tapi mungkin ada anak yang tinggal kelas makanya 27 orang kita terima. Memang aturannya sudah seperti itu,” imbuhnya.

Syafril menjelaskan, PPDB tahun ini masih menggunakan sistem zonasi. Untuk SDN 11 Lolong, zonasinya terutama untuk Kelurahan Lolongbelanti, Flamboyanbaru, Ulakkarang Selatan, dan Kelurahan Gunungpangilun. “Sistem zonasi ini sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat, baik melalui WhatsApp Group, LPM, dan masjid terutama masjid di Lolongbelanti,” katanya.

Dia menjelaskan, usia menjadi prioritas saat penerimaan calon peserta didik baru. “Usia ini prioritas. Nanti kita urut sampai kuota 27 orang itu. Usia tertinggi 7 tahun, namun ada yang usia lebih dari 7 tahun itu kita terima lebih dulu,” jelas Syafril.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang, Syafrizal Sair mengungkapkan, PPDB jenjang SD tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan sampai 16 Juni.

Untuk daya tampung jenjang SD ini ada 12.917 orang. Jumlah tersebut nantinya yang akan menjadi peserta didik baru di 338 SD Negeri di Kota Padang yang tersebar di 104 kelurahan.

“Sampai hari ini (kemarin, red) yang telah mendaftar lebih kurang 5.455. Evaluasi secara keseluruhan, proses pendaftaran berjalan lancar tapi masih ada orang yang ramai datang ke sekolah sehingga menimbulkan kerumunan. Tapi kami sudah ingatkan pihak sekolah agar jangan sampai terjadi lagi,” imbuhnya.

Syafrizal menyampaikan, calon peserta didik harus mengenal huruf dan angka tidak menjadi syarat mutlak pada PPDB tahun ini. Namun, berdasarkan sistem zonasi sesuai tempat tinggal dan seleksi usia, sesuai dengan Permendikbud No 44 tahun 2020.

Kendati demikian, karena banyak orangtua siswa yang bekerja di tempat yang jauh dari rumah dan antisipasi agar tidak terjadi masalah dengan siswa, maka akan diakomodir perpindahan orangtua 5 persen dari total kuota PDB di sekolah tersebut. “Syaratnya harus ada surat pernyataan dan SK tugas, serta surat keterangan dari pimpinan instansi atau perusahaan lengkap dengan tanda tangan,” kata Syafrizal. (i)