Kearifan Lokal SMAN 14 Padang

4
TERLATIH: Kepala SMA N 14 Padang, Drs Evidel bersama dengan tim Paskibraka kebanggaan sekolah.(IST)

Sekolah yang satu ini terkenal dengan gedung yang bagus.Sarana dan prasarananya lengkap. Rindang dan nyaman untuk proses pembelajaran. Hampir semua sarana dan prasarana di sekolah ini tersedia mendukung proses belajar mengajar. Kecuali, aula serba guna yang mereka belum punya.

SMAN 14 Padang sejak dua pekan silam berkepala sekolah baru. Kepala sekolah lamanya, Azwarman Spd. Pak Azwarman kini bertugas di SMAN 5 Padang dengan jabatan yang sama.

Sekarang SMAN 14 Padang berkepala sekolah baru. Namanya Drs Evidel. Pak Evidel, dulu kepseknya SMAN 8 Padang. Sebuah sekolah yang berprestasi gemilang di ruang akademis dan nonakademis.

Sekolah ini terkenal dengan kepandekaannya. Salah seorang siswanya, menorehkan juara silat se Sumatera yang dilaksanakan di Bengkulu.

Selain berprestasi di akademis, seperti olimpiade sains dan meningkatkan jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, SMAN 14 Padang akan mengembangkan bakat dan minat siswa di ruang seni, budaya, sains, olahraga dan dunia kepenulisan.

“Kita sedang menggagas pendirian sanggar jurnalistik dan seni pelajar dalam mengembangkan gerakan literasi di sekolah. Produknya nanti bisa berupa, koran sekolahan atau majalah sekolahan, mading sekolahan. Tentu saja, kami berharap, Laman Guru Padang Ekspres berkemurahan hati membina siswa cakap menulis,” ujar Evidel.

Baca Juga:  Kepala SD 05 Surabayo, Darneswati: Narasi Guru Bersastra Multi Talenta

Dalam pengembangan seni dan budaya, kita akan dirikan sanggar “adat”. Olala, ini dia, Terbaru kayaknya. Pikiran tentang kearifan lokal. “Kita rencanakan bekerjasama dengan KAN Lubukkilangan. Sanggar ini khusus untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang adat, budaya dan tradisi.

Ini gunanya untuk menumbuhkan kebanggaan dan arif soal keminangkabauan. Kita latih siswa berpepatah petitih. Lalu, kita kembangkan minat dan bakat siswa di dunia seni. Seni musik tradisi misalnya,” ujar Evidel yang merasa bahagia ketika mana pihak komite sekolah bervisi dan bermisi sama dengan pihak sekolah.

Yakni, sama-sama membangun dan memajukan ruang pendidikan dan prestasi SMA 14 Padang. “Ketua Komite kita Pak Ernadi SH, sangat visioner. Beliau juga tokoh masyarakat yang sangat kharismatik dan berpihak pada pembangunan kecerdasan untuk anak nagari,” ujar Evidel.

Taring prestasi SMAN 14 Padang terdahulu, awal tahun 2021, Juara I Lomba Kimia Tingkat Pelajar Nasional atas nama Reyhan. Dan, ada beberapa siswanya yang tercatat sebagai atlet senam Sumatera Barat. (pj)