Wujudkan Limapuluh Kota Madani, Bupati Puji Cerdas Quran Pelajar SD-SMP

18

Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo sangat mengapresiasi gagasan Dinas Pendidikan dan Padang TV (Grup Padang Ekspres) yang menggelar program “Cerdas Quran” Tingkat SMP dan SD se-Kabupaten Limapuluh Kota digelar pada 13 hingga 23 Juni 2022.

Menurut Safaruddin, program tersebut sangat sejalan dengan upaya pemkab dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradab dan berbudaya.

“Dengan adanya kegiatan Cerdas Quran ini, diharapkan akan lahir ahli-ahli Al-Quran di Limapuluh Kota untuk masa datang,” ujar Safaruddin saat membuka secara langsung lomba Cerdas Quran Padang TV tingkat pelajar SD dan SMP, Senin (13/6).

Dalam kesempatan tersebut, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menjelaskan bahwa iven tersebut suatu motivasi baginya untuk pelajar menunjukkan kemampuan dalam memahami Al-Quran.

“Khusus tahun ini, dilakukan pengembangan Cerdas Quran, di mana disertakan pertanyaan seputar budaya Minangkabau. Sesuai dengan program Kabupaten¬† Limapuluh Kota, yakni adat dan Tahfiz Quran menjadi mata pelajaran khusus. Ini akan dimasukan silabus pendidikan sehingga terbentuk generasi yang Qurani dan berbudaya,” terangnya.

Baca Juga:  Permudah Kinerja, PTPN VI Luncurkan Inovasi Bank Data

Lebih jauh Bupati memaparkan dalam menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat dengan kecanggihan teknologi, sudah saatnya pelaku di bidang pendidikan khususnya guru-guru harus mempersiapkan anak-anak menghadapi perkembangan tersebut.

Kepada setiap guru dan insan pendidikan, Safaruddin menekankan untuk menghindari teguran secara fisik seperti memukul, berdiri, menjewer anak-anak. “Karena tidak zamannya lagi pendekatan secara fisik dalam menegur siswa. Pendekatan secara emosional dan budaya perlu diberikan ke pada anak-anak,” tegasnya.

Bupati juga menambahkan, pentingnya peranan guru dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran dan disiplin kepada peserta didik. Karena hal tersebut pondasi yang nantinya akan berperan dalam membentuk mereka untuk jadi apa di masa akan datang.

Iven ini juga menghadirkan Bunda PAUD Limapuluh Kota Ny Nevi Safaruddin. Menurutnya, kegiatan ini sangat sejalan dengan filosofi Minangkabau sebagai mana dalam falsafah “Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah”.(rel)