Lahirkan Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing

49

Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan (AKBP)-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (KBP) terus berupaya memperkuat struktur kelembagaan dan kinerja organisasi serta melengkapi semua sarana dan prasarana perguruan tinggi.

Hal itu dilakukan agar dapat melahirkan serta mengembangkan SDM yang unggul dan memiliki intelektual serta daya nalar yang tinggi agar dapat menjawab perubahan dan tantangan zaman.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional Sumatera Barat, Daswir Siddik Dt. Batuah saat wisuda AKBP-STIE “KBP” Padang yang diikuti 237 lulusan, bertempat di Hotel Pangeran Beach, Selasa (16/02/2021).

Untuk DIII, wisuda ini merupakan ke 73 tahun, S1 STIE “KBP” ke 63 tahun dan S2 Magister Manajemen STIE “KBP” ke 33 tahun. Proses wisuda ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pada wisuda periode tersebut, AKBP-STIE “KBP” mewisuda 75 orang program Magister Manajemen, S1 sebanyak 131 orang, DIII Keuangan dan Perbankan sebanyak 31 orang. Dengan total keseluruhan wisudawan/ti sebanyak 237 orang.

Dengan demikian, program S1 STIE “KBP” telah menghasilkan lulusan 4.434 orang, S2 Magister Manajemen 1.122 lulusan dan D3 Keuangan dan Perbankan 5.083 lulusan.

Daswir Siddik didampingi Direktur AKBP Afriyeni dan Ketua STIE “KBP” Aminar Sutra Dewi melanjutkan, AKBP-STIE “KBP” terus berpacu meningkatkan kualitas mahasiswa, tenaga dosen serta sarana dan prasarana kampus. Hal ini guna menjadi perguruan tinggi unggul dalam menghasilkan SDM yang terampil dan berkualitas.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak/ibu menjadikan kampus ini sebagai tempat menuntut ilmu dan kompetensi bagi anak-anaknya. Semoga mereka mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Baca Juga:  Sukses Tim Inovasi Kim Pro Analis Berawal dari Keterlambatan. Ini Kisahnya

Dia berharap para lulusan dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat dan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Ketua STIE “KBP” Aminar Sutra Dewi mengatakan saat ini semua prodi di AKBP STIE “KBP” sudah berakreditasi B. Begitupun akreditasi perguruan tinggi juga mendapatkan nilai B.

Sementara dosen bersertifikasi di AKBP sudah 83 persen dan STIE “KBP” 68 persen. Lalu sejumlah dosen juga mendapatkan hibah penelitian.

Dia menambahkan, seiring perkembangan zaman ditambah lagi situasi pandemi Covid-19, perguruan tinggi cepat beradaptasi menghadapi perubahan tersebut. Proses pembelajaran berbasis digital dan teknologi.

“Cepatnya perubahan itu seyogyanya tidak menyurutkan daya saing dan daya juang para lulusan. Saya yakin bahwa semua lulusan AKBP-STIE “KBP” akan mampu beradaptasi dengan perubahan yang sedang dan akan terjadi. Dan saya juga percaya semua alumni AKBP-STIE “KBP” akan memberikan karya dan kinerja terbaiknya bangsa yang dicintainya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri, mengatakan, di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, para lulusan perguruan tinggi (PT) dituntut harus mampu menguasai iptek, keterampilan, keahlian profesional serta komunikasi yang baik agar bisa bersaing memasuki dunia kerja.

“Saya yakin, lulusan AKBP-STIE “KBP” memiliki hal itu. Jangan cepat puas, teruslah belajar dan peganglah nilai-nilai kejujuran. Mudah-mudahan dengan itu, para lulusan AKBP-STIE “KBP” dapat maju dan berkembang dan diterima pasar dunia kerja,” harapnya. (eri)