PPIPM dan Prada Peringati Dies Natalis ke 35

11
Dies Natalies ke-35 PPIPM dan PRADA yang diselenggarakan secara daring. (Humas UNP)

Unit Kegiatan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) merupakan unit kegiatan  mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang keilmiahan dan penelitian mahasiswa dan berfungsi sebagai wadah  pembinaan dan pengembangan daya nalar, sikap ilmiah, dan kreativitas mahasiswa.

PPIPM didirikan pada 26 Februari 1986 dengan nama Unit Kegiatan Ilmiah dan Kurikuler (UKIK). Berdirinya PPIPM dilatarbelakangi oleh kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM IKIP Padang tahun 1986) oleh organisasi ini adalah aktivitas dan kreativitas ilmiah mahasiswa.

Dengan semakin berkembangnya permasalahan yang ada pada mahasiswa, UKIK yang semula hanya bergerak di bidang keilmiahan saja akhirnya berubah nama menjadi UKPIP (Unit Kegiatan Pengembangan Ilmiah dan Penelitian) pada tanggal 29 Oktober 1993.

Sesuai dengan namanya yang baru, UKPIP tidak lagi bergerak di bidang keilmiahan saja, tapi juga bergerak di bidang penelitian mahasiswa. Berubahnya UKIK menjadi UKPIP dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperjelas nama dan misi yang diemban oleh organisasi, yaitu sebagai sarana pengembangan daya nalar, sikap ilmiah, dan kreativitas mahasiswa IKIP Padang.

Ketika diadakan Musyawarah Luar Biasa (Muslub) pada tahun 2003, UKPIP berubah nama menjadi Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) yang sama-sama kita kenal sampai saat ini.

Waktu terus berganti dan masa pun akan terus berlalu PPIPM telah lama membentangkan sayap Emasnya banyak prestasi yang sudah dicapai dan masih banyak impian yang harus digapai untuk ke depannya.

Tepat pada tanggal 26 Februari 2021 Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) sudah beranjak 35 tahun usia berdirinya Organisasi ini di Universitas Negeri Padang (UNP).

Seiring bergantinya masa maka akan berganti pula orang-orang yang menjalankan Organisasi tersebut sebagai bentuk perputaran rodanya organisasi, Pada Tanggal 11 April 2021 telah terlaksananya kegiatan “DIES NATALIS (Ulang Tahun) Ke-35 PPIPM &PRADA (Perayaan Wisudawan/ti) Periode 122 PPIPM UNP” yang mengangkatkan Tema “Kemaren Mengukir Kenangan, Esok Meraih Impian”.

Baca Juga:  Besok UNP bakal Kukuhkan 4 Guru Besar, Ini Dia Daftarnya

Kegiatan ini diadakan melalui platform zoom meeting dan Live You tube PPIPM UNP. Acara ini diikuti oleh IKAPIP, Wisudawan/ti Periode 122, Alumni, Anggota PPIPM, tamu undangan, panitia, dan kepengurusan PPIPM.

Ketua pelaksana, Wahyu Ivan Pratama, enyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah bersusah payah mengangkatkan acara ini dan permohonan maaf atas kekurangan dalam acara yang dilaksanakan, tema yang diangkatkan pada acara ini “Kemaren Mengukir Kenangan, Esok Meraih Impian”.

Dengan bertambahnya umur dari sebuah rumah tentunya ada harapan untuk rumah  itu berdiri kokoh untuk bisa kita tempati dan tinggali, dengan bertambahnya umur rumah tercinta yang ke-35 tentunya ada doa dan harapan terbaik untuk ke depannya serta ucapan selamat kepada wisudawan/ti yang telah menyelesaikan program studi di Universitas Negeri Padang dan telah mengabdi di rumah tercinta di PPIPM, selamat datang di dunia yang baru semoga dikehidupan yang baru ilmunya dapat berguna di masa depan.

Ketua Umum PPIPM UNP, Adi Candra, menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan perayaan wisudawan/ti periode 122 yang beriringan dengan perayaan ulang tahun PPIPM ke-35,Sudah  35 tahun PPIPM berdiri banyak kenangan yang telah diukir dan harapannya PPIPM dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Acara ini dibuka langsung oleh Pembina PPIPM, Rifdarmon. Ia menyampaikan selamat dan apresiasi kepada wisudawan/ti, daya juang dan nama baik  PPIPM ada pada anggota dan alumni PPIPM, semoga dari PPIPM lahirlah alumni-alumni terbaik untuk memperkuat rasa persaudaraan dan kebanggaan terhadap almamater kita sebagai Anggota PPIPM. (rel/bis)

Previous articleBanyak Peserta Terlambat, Panlok 42 UNP Sediakan Layanan Antar
Next articleAndre Rosiade Bantu Bangun Jembatan untuk SMP Al Falah Bukittinggi