SMAN 1 Harau masih Terbanyak Diterima di Perguruan Tinggi 

315
Penyerahan rapor di SMAN 1 Harau, Limapuluh Kota pada Sabtu (20/6/2020), dilakukan dengan protap pencegahan Covid-19 salah satunya menjaga jarak dan memakai masker. (Foto: Fajar Rillah Vesky-Padang Ekspres)

Dari 17 SMA negeri dan swasta di Kabupaten Limapuluh Kota, SMAN 1 Kecamatan Harau, masih menjadi sekolah yang lulusannya paling banyak diterima di Perguruan Tinggi (PT) pada tahun 2020 ini. Baik melalui jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, SNMPN/PMDK Poli, maupun prestasi.

Hal ini diketahui Padang Ekspres setelah Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah IV Sumbar, Asricun, pada Sabtu (20/6/2020) siang, meralat data yang dirilis dua hari sebelumnya atau Jumat (18/6/2020) lalu.

“Yang terbanyak diterima di perguruan tinggi untuk Limapuluh Kota adalah SMAN 1 Kecamatan Harau. Sebanyak 89 orang. Maaf, tidak terentri oleh staf,” ungkap Asricun.

Dengan demikian, jumlah siswa SMA di Kabupaten Limapuluh Kota yang diundang masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, SNMPN/PMDK Poli, maupun prestasi dan lainnya pada tahun 2020 ini menjadi bertambah pula.

Dari data semula yang disampaikan Cabdin Wilayah IV Sumbar kepada Padang Ekspres sebanyak 389 orang, menjadi 478 orang. Lebih banyak dibandingkan di Kota Payakumbuh yang mencapai 399 orang.

Namun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah siswa SMA negeri di Kabupaten Limapuluh Kota yang dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sejenisnya tahun 2020, anjlok atau turun. Pada tahun 2018, jumlah pelajar SMA di Limapuluh Kota yang lulus SNMPTN dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) mencapai 643 orang.

Disisi lain, Kepala SMAN 1 Harau Afrizal yang dihubungi  Padang Ekspres secara terpisah juga menyebutkan, dalam tiga tahun berturut-turut ini, SMAN 1 Harau masih menjadi sekolah yang lulusannya paling banyak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Seperti di ITB, IPB, UGM, Unand, UNP, Undip, USU, Unsyiah, Unsri, Unila, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Imam Bonjol, UIN Syarif Kasim Riau, IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, serta Politeknik Negeri di Sumatera dan Jawa.

“Alhamdulillah, dalam tiga tahun terakhir, termasuk pada tahun ini,  SMAN 1 Harau masih paling banyak jumlah siswanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Bahkan dalam lima tahun terakhir, NEM tertinggi di Limapuluh Kota itu masih dipegang SMAN 1 Harau. Sekolah kami yang berakreditasi A masih menjadi sekolah rujukan. Kami juga sekolah ramah anak dan sekolah Adiwiyata,” papar Afrizal.

Pada Sabtu ini (20/6/2020), menurut Afrizal, SMAN 1 Harau, baru saja membagikan rapor kepada orangtua dan pelajar kelas X dan kelas XI. Sedangkan mulai Senin (22/6/2020), akan dilakukan penerimaan atau Pendataran Peserta Didik Baru tahap pertama dari jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua, dan prestasi.

Proses pembagian rapor di SMAN 1 Harau dan juga pendaftaran peserta didik baru yang akan dilakukan, sepenuhnya mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dimana peserta didik, orangtua, dan juga guru yang ada di sekolah, semuanya menggunakannya masker, mengatur jarak, dan mencuci tangan. (frv)