Aplikasi Prezi, Tingkatkan Kemampuan Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia

21

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Dosen Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia UNP melakukan pelatihan peningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media di SMPN 1 Mungka, Limapuluh Kota, pekan lalu.

Tim ini memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Aplikasi Prezi yang diikuti 27 guru.

“Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk terus merinovasi, termasuk dalam pemanfaatan media,” kata Ketua tim, Nursaid didampingi anggota tim Marlini, Moh Hafrison, dan instruktur Ayu Gustia Ningsih, dan Vivi Indriany, Rabu (22/6).

Materi yang diberikan meliputi media pembelajaran Prezi, cara mendaftar Prezi, cara menginstal aplikasi Prezi, serta cara penggunaan dan pembuatan media pembelajaran dengan Prezi.

Nursaid menyampaikan materi yang disampaikan dalam sesi ini diawali dengan pengenalan secara umum mengenai media pembelajaran khususnya media yang berbasis teknologi.

Setelah itu pemateri bertanya jawab kepada peserta mengenai media pengetahuan peserta tentang media pembelajaran berbasis teknologi. Setelah itu pemateri menerangkan media pembelajaran Prezi secara khusus, meliputi pengertian Prezi, keunggulan Prezi dan juga manfaat penggunaan media pembelajaran Prezi khususnya dalam penggunaan media pembelajaran untuk jenjang sekolah dasar.

Baca Juga:  Permudah Kinerja, PTPN VI Luncurkan Inovasi Bank Data

“Terkait dengan pendaftaran akun, ternyata ada beberapa peserta yang sudah membuat Prezi sebelumnya,” ungkapnya.

Tahapan pendaftaran akun Prezi: pertama, peserta membuka laman www.prezi.com. Setelah laman terbuka, peserta melakukan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada dimulai dari get started, kemudian memilih akun basic.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Mungka Zurniati menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat ditunggu dan diharapkan guna menyongsong tahun ajaran baru. (cr6)