Jangan Ketinggalan! Ada Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Kota Padang

45

Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang sangat masif dan pesat yang menuntun pada berbagai perubahan besar di berbagai bidang.

Kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, layaknya dua sisi koin, teknologi digital pun mendatangkan berbagai bahaya yang mengintai setiap penggunanya.

Terlebih, saat ini Indonesia juga sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri. Upaya itu diimbangi penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespons kebutuhan tersebut, tahun ini Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya dan seminar, baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Adapun tujuan program literasi digital adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan di dunia digital.

Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan tersebut, maka di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring akan menggelar puncak acara Literasi Digital bertema “Netizen Fair 2021”.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak dan hybrid di berbagai kota/ kabupaten selama dua hari pada 23-24 November 2021.

“Terdapat empat kelas yang membahas berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel A. Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Lebih dari itu, guna memperkuat kapasitas talenta digital sekaligus mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, katanya, program ini diadakan dengan  berbagai kegiatan rutin.

Baca Juga:  Guru Berperan Strategis Dorong Setiap Anak jadi Pemimpin

Dalam kegiatan tersebut, nantinya akan terdapat talkshow serta kelas interaktif yang akan membahas empat Pilar Literasi Digital.

Netizen Fair 2021 di Kota Padang Secara khusus, di Kota Padang kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 ini diadakan di UPI Sport & Exhibition Hall mulai pukul 13.00-18.00 WIB.

Adapun tema-tema yang akan diangkat dalam kegiatan ini ialah: Mengenal Lanskap Digital, Teknologi Merajut Toleransi, Netiket Masyarakat Digital, dan Aman, Nyaman, dan Kreatif di Internet. Kemudian, ada juga Kelas Animasi dan Implementasi Teknologi untuk UMKM.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya. Seperti, Adipatifozan dan Jonan_55 selaku Konten Kreator, Ndoro Kakung dan KOL Rico Sapta memberikan materi Mengenal Lanskap Digital serta Nina Muzbar dan Yonisman (RTIK Sumbar) akan memberikan literasi Netiket Masyarakat Digital.

Pada pelaksanaan hari kedua, akan hadir Muhammad Irfan (RTIK) dan Angelique Maria Cuaca (MAFINDO Padang) memberikan wawasan seputar Teknologi Merajut Toleransi dan Indah Suryani serta Silmi Novita Nurman (MAFINDO Padang) mengulas Aman, Nyaman dan Kreatif di Internet.

Tidak ketinggalan turut hadir KOL Nezha dan Febri Hikaru guna memberikan pengalamannya di industri konten kreatif.

Untuk memeriahkan acara, selain ulasan seputar literasi digital, turut hadir standup comedian Dival Mukita disertai live performance dari Sivia Azizah sebagai penutup.

Menurut Semuel, kegiatan Netizen Fair 2021 ini gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapat mendaftar melalui http://s.id/ldnfpadang.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. Segera ikut andil dalam “Menuju Indonesia Makin Cakap Digital” bersama Kementerian Kominfo di Netizen Fair 2021!.(rel/idr)