Peringati Hari Buku Sedunia, Mahasiswa Dituntut Aktif Menulis-Membaca

13

Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan peringatan Hari Buku Sedunia secara virtual, Jumat (23/04/2021).

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP, Dr. Yeni Hayati mengatakan, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS telah menyelenggarakan peringatan Hari Buku Sedunia sejak tahun 2015 yang lalu.

“Mulai tahun 2021 ini, kegiatan peringatan Hari Buku Sedunia kita serahkan pengalamannya kepada Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNP,” jelas Yeni Hayati.

Ia berharap kegiatan peringatan Hari Buku Sedunia untuk tahun-tahun mendatang dapat diselenggarakan lebih berkualitas lagi.

Sementara itu, Dekan FBS UNP Fakultas Prof Ermanto memberikan apresiasi kepada pimpinan jurusan dan pengurus Hima Jurusan Basindoda FBS UNP yang sudah menyiapkan dan menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Buku Sedunia yang amat penting dalam konteks literasi pada masa kini.

“Hari Buku Sedunia yang ditetapkan Unesco pada tanggal 23 April ini adalah berkaitan dengan tanggal wafatnya sastrawan dunia. Artinya, peringatan Hari Buku Sedunia ini menjadi penting dalam hal yakni kreatif dalam menulis dan kreatif dalam membaca,” jelasnya.

Baca Juga:  Dapatkan Pendanaan, 4 Proposal Mahasiswa UNP Lolos Seleksi PKMI

Menurutnya, mahasiswa bisa meningkatkan aktivitas dan kreatif serta menghasilkan buku yang secara otomatis harus juga bisa membaca. Kedua aktivitas yakni aktivitas menulis dan aktivitas membaca sangat penting dikembangkan dalam konteks peringatan Hari Buku Sedunia.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada narasumber webinar yakni Muhammad Fadhli, yang juga dosen UIN Imam Bonjol Padang. (rel)

Previous articleRektor UNP-Wako Sawahlunto Bahas Penerimaan Mahasiswa Baru di PSDKU 
Next articleUsulan Ganti Nama Puncak Paku jadi Puncak Jokowi Tuai Penolakan