Subuh Mubarokah FT UNP, Al Ikhlas: Perbanyaklah Mengingat Kematian

13

Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP) melaksanakan kegiatan subuh mubarokah dengan menghadirkan penceramah Dosen Pendidikan Agama Islam, Al Ikhlas.

Kegiatan ini diadakan secara luring yang bertempat di Masjid Al-Azhar UNP dan juga secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (23/04/2021) pagi. Kegiatan subuh mubarokah diikuti pimpinan dan civitas akademika UNP.

Pada kesempatan itu, penceramah Al Ikhlas menyampaikan ceramah mengenai banyak mengingat kematian. Dalam kisah khalifah Harun Ar-Rasyid dan Balul mengingatkan kita kembali bahwa perbanyaklah mengingat kematian.

“Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak saleh. Selain itu, amal ibadah, amal saleh, dan kebaikan maka berlomba-lombalah untuk mendapatkan ketiga amalan ini. Sedangkan harta, tahta, keluarga dan segala yang berhubungan dengan urusan duniawi tidak akan dibawa mati,” kata Al Ikhlas.

“Itulah sebabnya kita sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah yang paling tinggi derajatnya diwajibkan untuk selalu bersiap-siap untuk menyongsong hari berpisahnya dengan alam dunia ini. Karena semua tidak ada yang tahu persis kapan dan dimana kita akan mengalami perpisahan dengan dunia,” sambung Al Ikhlas.

Baca Juga:  Dies Natalis UNJ, Rektor UNP jadi Pembicara Seminar

Sementara dalam sambutannya, Rektor UNP, Prof Ganefri mengingatkan kita semua bahwa saat ini Provinsi Sumatera Barat mengalami penambahan kasus Covid-19.

Oleh sebab itu, ia mengajak semua mematuhi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

Pada kegiatan subuh mubarokah ini, Rektor juga menyampaikan selain kegiatan subuh mubarokah, UNP juga melaksanakan tausiyah setiap malam di Masjid Al-Azhar. Tausiyah ini juga dapat diikuti melalui zoom. (rel)

 

Previous articleBaznas Rilis Besaran Zakat Fitrah 2021
Next articleHadirkan KIP, PPID UNP Adakan Webinar Keterbukaan Informasi Publik