Dubai Luncurkan Laboratorium Uji Covid-19 Gratis di Rumah

Mobile Laboratory Unit untuk pengujian Covid-19 gratis bagi orang tua di rumah mereka. (Foto: WAM)

Dubai Corporation untuk Layanan Ambulans mengumumkan peluncuran Mobile Laboratory Unit (MLU) untuk pengujian virus korona (Covid-19) gratis bagi orang tua di rumah mereka. Sejalan dengan upaya Pemerintah Dubai memerangi penyebaran Covid-19.

Inisiatif tersebut diumumkan Mayor Jenderal Talal Belhoul, Komisaris Jenderal untuk Jalur Keamanan dan Peradilan di Dewan Dubai, dan Khalifa bin Dray, Direktur Eksekutif Dubai Corporation untuk Layanan Ambulans, Jumat (24/4/2020).

“Unit laboratorium ini memainkan peran penting dalam mengurangi tekanan pada rumah sakit di tengah krisis Covid-19, dan membantu melindungi orang yang berisiko tinggi,” kata Talal Belhoul.

Kendaraan ambulans MLU dilengkapi peralatan untuk menyambut warga, memverifikasi identitas mereka dan melakukan pengujian Covid-19.

Untuk memastikan perlindungan tinggi bagi paramedis, kendaraan ambulans MLU memiliki unit sterilisasi otomatis, pemindai suhu tubuh, dan kabin penyimpanan yang aman untuk sampel yang dikumpulkan.

“Kendaraan yang dimodifikasi ulang itu membuat mudah dalam melayani orang tua dan orang-orang yang memiliki semangat kuat,” tukasnya.

Peluncuran MLU adalah bagian dari pengujian antisipasi yang dilakukan untuk meningkatkan upaya Dubai memerangi pandemi Covid-19, sesuai pedoman Komite Tertinggi Krisis dan Manajemen Bencana Dubai di Dubai.

Talal Belhoul menegaskan bahwa berbagai instansi Pemerintah Dubai bekerja secara tim untuk memerangi penyebaran Covid-19.

“Kami bekerja sama erat satu sama lain untuk mengkonsolidasikan upaya kami melawan virus. Gagasan baru sangat penting untuk semakin meningkatkan layanan kami bagi kepentingan masyarakat,” imbuhnya seperti dilansir kantor berita Uni Emirat Arab, WAM.

Dia menambahkan bahwa Dubai Corporation untuk Layanan Ambulans telah berhasil mengarahkan kendaraan ambulans untuk menguji Covid-19 ke segmen masyarakat yang paling rentan, yakni para orangtua.

Direktur Eksekutif Dubai Corporation untuk Layanan Ambulans, Khalifa bin Dray menegaskan bahwa perusahaan tidak hanya menguji Covid-19, tapi juga mengintegrasikan hasilnya ke dalam statistik nasional yang digunakan instansi lain dalam melacak orang-orang yang telah kontak dengan kasus-kasus positif.(wam/esg)