Selama PSBB Sumbar, Warga Bisa Minta Bantu Gojek Belanja ke Pasar

Layanan Goshop dapat digunakan untuk berbelanja bahan pokok di sembilan pasar rakyat di Kota Padang. (Foto: Gojek)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di Sumbar sejak 22 April hingga 5 Mei 2020. Untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari selama PSBB itu, Gojek siap menjadi garda terdepan.

Vice President Gojek Regional Sumbagut Budianto Hariadi mengatakan, sejak PSBB diberlakukan, pihaknya mengikuti setiap arahan yang ditentukan dan secara aktif membagikan informasi terkait kepada para mitra.

Pengantaran penumpang roda dua GoRide untuk sementara tidak tersedia selama PSBB. Namun layanan lainnya yaitu GoCar, GoBlueBird, GoFood, GoSend, GoShop, GoMed tetap beroperasi seperti biasa dengan mengikuti panduan pemerintah.

Misalnya GoShop, layanan Gojek untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun. Dapat pula digunakan untuk berbelanja bahan pokok di sembilan pasar rakyat di Kota Padang.

Hal ini kolaborasi Gojek dengan Dinas Perdagangan Kota Padang serta mendapat respons positif dari masyarakat sejak diluncurkan pekan lalu.

Pasar rakyat (pasar tradisional) yang telah dapat diakses, antara lain Pasar Raya, Pasar Tanah Kongsi, Pasar Nanggalo, Pasar Ulak Karang, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Bandar Buat, Pasar Belimbing,Pasar Simpang Baru, Pasar Alai.

“Selain pasar rakyat, kini masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan GoShop untuk berbelanja dari berbagai pasar modern seperti Meer, Budiman, Pusat Buah Padang,” kata Budianto.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, masyarakat diminta tidak ke luar rumah. Namun pemko memahami bahwa kebutuhan bahan makanan pokok tetap harus terpenuhi. Demikian pula perputaran roda ekonomi masyarakat harus tetap berjalan.

“Untuk itulah kami bekerja sama dengan Gojek melalui GoShop sejak minggu lalu di 9 pasar rakyat Padang,” katanya.

Layanan GoShop, katanya juga menjadi solusi agar masyarakat dapat tetap aman berbelanja sambil terus melakukan arahan pemerintah untuk #dirumahaja.

“Selama PSBB serta bulan Ramadhan, seluruh pasar rakyat di Padang tetap buka,” katanya.

Selain itu, kata Budianto, layanan transportasi roda empat GoCar tetap tersedia di Padang, Bukittinggi, Payakumbuh dan GoBluebird tetap beroperasi di Padang dan Bukittinggi dengan maksimal penumpang 2 orang per unit.

Sebelumnya, Gojek telah meluncurkan layanan pengantaran tanpa kontak langsung (contactless delivery) pada layanan GoFood dan GoShop serta terus mengimbau masyarakat memanfaatkan pembayaran digital melalui GoPay atau Paylater untuk meminimalisir kontak fisik langsung.(rel/esg)