Fakta-fakta Unik dan Menarik yang Melekat pada Tol Pekanbaru-Dumai

72
Tol Pekanbaru-Dumai memiliki perlintasan khusus untuk gajah yang banyak terdapat di kawasan Giam Siak Kecil dan Balai Raja.

Ada lima yang unik dari jalan tol Pekanbaru-Dumai dan peresmiannya, yang dilakukan Presiden Jokowi, Jumat (25/9/2020) selepas salat zuhur kemarin itu.

“Jalan tol ini dilengkapi dengan empat lintasan satwa antara lain lintasan satwa gajah,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) RI, Mochamad Basuki Hadimuljono, yang disambut tepukan hadirin undangan yang menyaksikan peresmian secara virtual tersebut.

Menteri Basuki memastikan harmonisasi pembangunan infrastruktur di kawasan Sumatera akan selalu dijaga. Seperti di Dumai, tol tetap memelihara mobilitas satwa gajah dari satu tempat ke tempat lainnya yang terpotong oleh jalan tol. Juga mengakomodir kearifan dan sumberdaya lokal yang ada seperti penggunaan produk semen dari PT Semen Padang.

Jadi sebenarnya, ada lima keunikan Tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. Berikut ini fakta dan keunikannya:

  1. Tol pertama yang diresmikan secara virtual

Pandemi Covid-19 yang belum mereda di Indonesia khususnya di Riau membuat Presiden Jokowi tidak bisa datang langsung untuk meresmikan. Untuk itu Tol Pekanbaru-Dumai kali ini diresmikan secara virtual.

  1. Tol pertama di Riau

Akhirnya Provinsi Riau mempunyai jalan tol yang bisa dinikmati warganya. Kehadiran tol tersebut menghubungkan berbagai kawasan perkebunan, mendukung pertumbuhan ekonomi, memangkas jarak tempuh, biaya logistik dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

  1. Tol unik dengan jalur khusus perlintasan satwa
Baca Juga:  Era Media Baru, Yuliandre: Jangan Khawatir jika KPI Mengawasi

Tol Pekanbaru-Dumai terbilang unik karena ada sekitar 6 perlintasan khusus untuk gajah sumatera. Hal ini agar keberadaan satwa dilindungi itu bisa tetap bebas berkeliaran di habitatnya dan tidak mengganggu pengguna jalan.

Gajah-gajah kebanyakan berada di kawasan suakamarga satwa Giam Siak Kecil, di kawasan ini ada sekitar 50-an ekor gajah liar. Ditambah lagi kawanan gajah liar di suakamarga satwa Balai Raja ada sekitar 6 ekor. Selain itu sejumlah gajah lainnya yang ada di kawasan jalan tol.

  1. Panjang Tol Pekanbaru-Dumai 131 km

Tol ini terdiri dari 6 seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 km, seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 km. Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 km, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 km, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 km.

  1. Ada 7 gerbang tol

Tol ini juga dilengkapi oleh 7 gerbang tol dan 5 pasang rest area. Rest area terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82. Sedangkan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).