Terapkan Prokes Ketat, Panitia UTBK Siagakan 35 Petugas Kesehatan

12
Panitia melakukan pengecekan suhu tubuh peserta UTBK. (Humas UNP)

Sejak pelaksanaan UTBK di Panlok 142 Universitas Negeri Padang (UNP) digelar pada 12 April lalu, Tim Kesehatan UTBK UNP yang diantaranya juga Satgas Covid-19 mengerahkan 35 orang petugas kesehatan yang terdiri dari 4 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, 1 orang tenaga analis labor, sisanya perawat dan bidan. Kesemua tenaga kesehatan tersebut ditempatkan di 17 titik atau lokasi UTBK UNP.

Menurut Koordinator Tim Kesehatan UTBK UNP, Dr. dr. Linda Rosalina, M. Biomed, timnya bertanggungjawab penuh untuk menjamin pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 bagi seluruh peserta UTBK termasuk pengawas, panitia dan teknisi yang bertugas setiap hari. “Memastikan bahwa seluruh peserta mencuci tangan, memakai masker dengan baik dan benar serta sesuai standar SNI serta mengukur suhu sebelum masuk ruang ujian,” katanya.

Ditambahkan, salah satu strategi yang disiapkan oleh UNP adalah menempatkan tim kesehatan, di titik-titik lokasi. Selain untuk menjamin pelaksanaan protokol kesehatan, juga untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada peserta, pengawas dan teknisi yang sakit.

Baca Juga:  Dapat Vote Terbanyak, J. Uchiha-Zaikuza Menangkan Challenge! Ani-Goe

Selanjutnya apabila dianggap perlu penanganan lebih lanjut akan dibawa ke Poliklinik UNP, dimana kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi dan perlengkapan emergency untuk penangganan sebelum dirujuk ke rumah sakit terdekat, kata dosen yang juga Wakil Dekan III di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan ini.

Data dari panitia, sampai hari ke 10 penyelenggaraan UTBK di Panlok 142 UNP, sudah ada beberapa peserta yang sudah mendapatkan penanganan dari tim kesehatan. Diantaranya ada peserta yang memiliki keluhan, pusing, muntah-muntah, setelah mendapatkan pengobatan, mereka bisa melanjutkan ujian kembali. Di samping itu, UNP juga menyiapkan ambulans yang bersiaga untuk membawa peserta yang sakit. (rel)

Previous articleAntisipasi Penambahan Kasus, Pemko Aktifkan kembali Posko Covid-19
Next articleMenwa UNP Diminta Mampu Berinovasi