Kampus UNP di Pessel Butuh Dukungan Pemkab

9
Bupati Pessel Rusma Yul Anwar saat melakukan kunjungan kerja ke UNP disambut Rektor UNP Prof Ganefri, Kamis (27/5). (IST)

Rektor UNP Prof Ganefri meminta pengembangan kampus UNP di Pesisir Selatan yang terdapat di Nagari Sago, Kecamatan IV Jurai dapat lebih ditingkatkan. Agar bisa memberikan bermanfaat yang besar bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ganefri dalam pertemuan dengan Bupati Pessel Rusma Yul Anwar saat melakukan kunjungan kerja ke UNP, Kamis (27/5). Bupati didampingi Pj Sekkab Pessel, Emirda Ziswati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suhendri, dan lainnya.

Ganefri dalam kesempatan itu juga meminta kepada Bupati Pessel agar dapat melakukan perbaikan dan peningkatan jalan menuju kampus UNP Pesisir Selatan. Tujuannya agar UNP bisa membenahi berbagai fasilitas yang ada di kampus UNP Pesisir Selatan tersebut.

”Untuk pengembangan kampus UNP di Pesisir Selatan, kami mengharapkan dukungan penuh dari Bupati dan DPRD Pessel, terutama dalam membenahi lingkungan kampus yang standar dan nyaman,” ungkap Ganefri.

Dia juga menjelaskan bahwa di kampus UNP Pesisir Selatan itu pihaknya akan mengembangkan beberapa program studi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada masa kini.

Ditambahkan juga bahwa kampus yang memiliki 46.000 mahasiswa itu, juga sudah memiliki kelas internasional, dan yang terpenting dalam waktu dekat UNP juga akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) artinya akan memiliki otonomi luas.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dalam kesempatan itu juga menceritakan kenangan tentang pengalaman kuliah di IKIP Padang pada tahun 1982 hingga 1986. Dia menyatakan rasa bangganya karena kembali bisa hadir di kampus tersebut.

”Saya berharap kehadiran kami bersama rombongan di UNP ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memajukan dan mengembangkan pendidikan Pessel ke depan,” katanya.

Berdasarkan harapan itu, sehingga dia sangat mendukung penuh pengembangan kampus UNP di Pessel, selagi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. ”Dengan kerjasama yang kuat dan juga dukungan dari DPRD, diharapkan UNP juga dapat membantu Pessel dalam berbagai bidang selain bidang pendidikan, seperti pelatihan peningkatan sumber daya manusia,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Dekan Fakultas Teknik Fahmi Rizal, yang juga hadir menjelaskan bahwa di kampus UNP Pesisir Selatan itu telah diselenggarakan perkuliahan selama dua semester untuk tiga program studi. (yon)