Mahasiswa Baru STKIP Adzkia Dibekali Pendidikan Karakter

27

Mahasiswa baru angkatan 2020/2021 STKIP Adzkia Padang mulai mengikuti masa orientasi studi dan pengenalan kampus, Senin (28/9/2020).

Masa orientasi studi dan pengenalan kampus ini di STKIP Adzkia Padang dikenal dengan istilah Pekan Taaruf Mahasiswa atau Pertama.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online hingga Kamis (1/10/2020), dengan mengusung tema Kiprah Mahasiswa Cerdas dan Islami di Masa Pandemi Covid-19.

Ketua STKIP Adzkia Padang Dr Alfadhlani mengatakan, jumlah mahasiswa baru STKIP Adzkia Padang tahun angkatan 2020/2021 lebih dari 300 orang.

“Jumlah itu setelah melalui proses seleksi dari 1000 orang calon mahasiswa baru yang mendaftar untuk menjadi mahasiswa baru STKIP Adzkia,” katanya.

Dia menjelaskan, pada kegiatan Pertama ini, para mahasiswa baru dibekali dengan materi pengenalan kampus, sistem perkuliahan, dan kiat menyelesaikan kuliah empat tahun.

Selain itu, pembangunan karakter para mahasiswa baru. Diantaranya, karakter beriman dan bertakwa kepada Allah, berwawasan luas, jujur, serta bermanfaat bagi orang lain.

“Pembangunan karakter mahasiswa ini dengan memberikan tauladan dan pembiasaan. Diikuti dengan pemberian ilmu pengetahuan,” terangnya.

Baca Juga:  Pengabdian Masyarakat, Dosen UNP Latih Guru di SDN 45 Bungo Pasang

Dengan pembentukan karakter ini, kata Alfadhlani, output STKIP Adzkia Padang diharapkan akan berkualitas dan memiliki daya saing.

“Selain berwawasan, keunggulan lulusan kita juga memiliki karakter yang baik. Sehingga sebelum tamat merka sudah diminta untuk bekerja di berbagai perusahaan dan lembaga pendidikan,” ujar Alfadhlani.

Sementara itu Ketua Yayasan Adzkia Sumbar Muhardanus Dt Sampono Kayo berharap para mahasiswa baru bisa menjadikan momen kegiatan Pertama ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Dengan dibekali pendidikan karakter, para mahasiswa baru bisa menjadi agen of change dan memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama di bidang pendidikan,” kata Muhardanus. (idr)