Konferensi Video Google Meet Bisa Diikuti 100 Orang tanpa Batas Waktu

Google membuka layanan konferensi video Google Meet untuk siapa saja yang ingin menggunakannya secara gratis. (Foto: IST)

Google membuka layanan konferensi video Google Meet untuk siapa saja yang ingin menggunakannya.

Mulai Rabu (29/4/2020), Google Meet, aplikasi telekonferensi milik perusahaan Alphabet Inc, tersedia gratis. Meet adalah bagian dari paket perangkat lunak Google.

Siapa pun yang memiliki akun Google dapat membuat pertemuan gratis hingga 100 orang. Google membatasi panggilan gratis selama 60 menit, tapi batas waktu tersebut tidak diterapkan hingga akhir September.

“Tawaran gratis bersifat permanen. Ini akan berlangsung ke depan, seperti halnya Gmail,” kata Smita Hashim, direktur produk untuk Google Meet seperti dilansir Bloomberg.

Menurutnya, konferensi video telah menjadi layanan yang sangat penting. Komunikasi video banyak digunakan di dunia ketika pekerjaan dan interaksi pribadi dilakukan secara online, sejak adanya aturan tinggal di rumah pada masa pandemi.

Pihak Google mengatakan pada Selasa (27/4/2020), bahwa dalam sehari lebih dari 100 juta orang menggunakan Meet Now.

Aplikasi konferensi video Zoom dan Google Meet telah menuai kritik karena dinilai kurangnya privasi dan keamanan, khususnya di sekolah-sekolah.

Namun, Smita mengatakan Google Meet sangat aman, dapat diandalkan dan sangat mudah digunakan. “Akan terus menambahkan fitur keamanan,” imbuhnya.(esg)