Aqua Dwipayana Bicara Peran Pemuda di Masa Pandemi Covid-19

41

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana akan kembali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganseha (Undiksha) Singaraja, Bali, pada Sabtu (31/7/2021).

Pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara daring dengan tema “Pandemi, Pemuda Harus Bagaimana?” ini Dr Aqua akan menyampaikan materi bersama Guru Besar Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Undiksha yang juga Wakil Rektor II Undiksha Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd.

Menurut Aqua, tema yang diusung dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi ini sangat penting karena menjadi dorongan agar para pemuda semakin memberi makna dan kontribusi dalam situasi krisis akibat pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita harus sama-sama mendorong supaya potensi kaum muda bisa diperkuat dalam kondisi sekarang ini. Terbentuknya pemuda yang memilik kreativitas dan motivasi di masa krisis akibat pandemi adalah keharusan,” tegas Aqua.

Dalam pandangan doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini, keharusan melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah dan artinya bagi kelompok muda terpaksa harus menunda proses belajar di dalam kampus dan atau berkegiatan lainnya, bukan berarti  harus berdiam diri tanpa melakukan apapun.

“Banyak hal yang tetap bisa kita lakukan, terlebih dalam situasi saat ini ketika semua aktivitas keseharian dapat berjalan efektif dan efisien dengan teknologi,” katanya.

Apalagi bagi kaum muda yang merupakan generasi “digital natives” atau generasi yang lebih melek teknologi komunikasi dan informasi.

“Tidak pergi ke kampus atau ke kantor, bukan kemudian bermakna kita hanya duduk santai di rumah tanpa guna. Justru sebaliknya, masa pembatasan aktivitas adalah momentum kontemplatif dan instrospektif. Kita  harus berpikir apa yang bisa dilakukan, kontribusi apa yang bisa diberikan selama masa pandemi ini,” ujar penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” ini.

Kita sekarang ini, menurut Aqua, hidup dalam era yang disebut dengan revolusi industri 4.0. Apalagi kini juga menuju apa yang diistilahkan dengan society 5.0.

Baca Juga:  STKIP Adzkia Bersiap Menjadi World Class University

“Inilah era ketika semakin banyak pemikiran-pemikiran kritis dan kreatif yang dikembangkan anak muda kita. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi para pemuda untuk berada di garda terdepan dalam menyikapi beragam persoalan yang ada, termasuk di masa krisis pandemi akibat Covid-19 ini,” paparnya.

Kondisi Kekinian
Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi ini diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa Batalyon B-920/Jayastambha Undiksha.

Komandan Yon B-920/Jayastambha Gede Ari Wahyudi yang juga Ketua panitia kegiatan mengatakan sebagaimana diketahui, dari bulan Februari 2020 kasus pertama Covid-19 dikabarkan tersebar di Indonesia.

Semenjak itu semua sistem tatanan kehidupan dalam segala aspek mengalami perubahan yang disebut sebagai “new normal” atau era kebiasaan baru.

Ia menambahkan, semua hal mengalami perubahan tatanan termasuk dalam aspek pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pendidikan dilaksanakan secara daring dan semua hal dilakukan berbasis online.

Dengan kejadian ini seluruh aspek diharapkan tetap selalu waspada dengan segala ancaman yang mungkin datang dan mengancam persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam kaitan ini, pemuda sebagai masyarakat ilmiah memiliki peran penting untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju lagi kedepannya.

“Demi tercapainya tujuan memajukan bangsa, para pemuda harus paham tentang bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Inilah tujuan dari kegiatan webinar atau diskusi daring yang akan menghadirkan para pembicara kompeten, Dr Aqua Dwipayana dan Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd,” terang Gede Ari Wahyudi.

Dia menambahkan sengaja mengundang Dr Aqua karena selama ini motivator ulung itu telah sering melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di banyak kampus di Indonesia dan dengan para pemuda. Semua yang disampaikannya sesuai dengan kondisi kekinian.

“Saya dan seluruh panitia sangat berterima kasih kepada Dr Aqua atas berkenannya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi memenuhi undangan kami. Di saat jadwalnya yang sangat padat keliling Indonesia selama pandemi Covid-19,” pungkas Ari.(rel)