Irjen Kemenperin Kunjungi Satker Padang, SMK SMAK Padang Diapresiasi

Komitmen Kepala Satker (SMK SMAK Padang) bersama Irjen Kemenperin Masrokhan dan jajarannya. (IST)

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pembangunan Zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di seluruh satuan kerja (satker) yang ada.

Upaya ini sejalan dengan arahan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mempertahankan birokrasi yang bersih, transparan, produktif, akuntabel serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi dengan tiga sasaran hasil utama, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta juga meningkatkan pelayanan publik, kata Inspektur Jenderal Kemenperin, Masrokhan pada Kunjungan Kerja Irjen dalam rangka pembinaan dan pengawasan satker Kemenperin di Padang di Padang, Kamis (3/3) lalu.

“Perbaikan birokrasi dilakukan agar bersih, produktif dan akuntabel dengan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien, untuk dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional,” tambahnya,” kata Irjen.

Salah satu agenda Masrokhan pada Kunjungan Kerja yang juga didampingi oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Liliek Widodo dan Inspektur Wilayah IV, Jonni Afrizon, tersebut adalah penandatanganan komitmen seluruh Kepala Satker di Padang untuk melaksanakan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang dilaksanakan di Gedung pertemuan Balai Diklat Industri (BDI) Padang yaitu oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMAK Padang, Kepala BDI Padang, Direktur Politeknik ATI Padang (diwakili), Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang, serta Kepala Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Padang.

“Satker yang sudah mendapatkan predikat WBK dan WBBM (dari Kementerian PAN dan RB), yaitu di antaranya SMK SMAK Padang sudah meraih WBK tahun 2018, WBBM tahun 2020 dan SMK SMTI Padang WBK tahun 2018 dan WBBM tahun 2019 harus mempertahankan dan terus meningkatkan pelayanannya; serta BDI Padang WBK tahun 2018, Politeknik ATI Padang dan Baristand Industri Padang masing-masing WBK tahun 2020 hendaknya pada tahun ini ditargetkan bisa meraih predikat WBBM. Satker yang sudah meraih WBBM agar dapat membagi pengalaman suksesnya,” ujar Irjen.

Baca Juga:  Terapkan Prokes Ketat, Dimulai Hari Ini, UNP Gelar UTBK Gelombang 1

Berkat predikat WBK/ WBBM yang diraih oleh satker-satker di Kementerian Perindustrian, Masrokhan sebut meminta agar buktikan kepada publik atau Kementerian lainnya, bahwa Kementerian Perindustrian terpercaya, terus implementasikan Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Hal ini tentunya menjadi pondasi Kemenperin dalam membangun industri tangguh.

Selanjutnya Irjen Kemenperin Masrokhan melanjutkan kunjungan kerjanya meninjau lima Satker Kemenperin di Padang termasuk SMK SMAK Padang. Masrokhan juga menyerahkan piagam penghargaan Predikat WBBM dari Kementerian PAN dan RB, yang pada Desember 2020 lalu diberikan oleh Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo melalui media dalam jaringan Zoom Meeting, kepada Kepala SMK SMAK Padang, dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK SMAK Padang yang telah meraih predikat WBBM.

SMK SMAK Padang yang dinakhodai Nasir merasa berbangga hati atas kunjungan Irjen Kemenperin dan atas penyerahan Piagam Penghargaan Predikat WBBM.

“Kami sangat bangga dan antusias atas kunjungan Irjen Kemenperin ke SMAK Padang, karena merasa diperhatikan penuh oleh Kementerian Perindustrian, sehingga kami semakin semangat dan berkomitmen akan hal ini,” papar Nasir.

Terkait Piagam Penghargaan Predikat WBBM yang diterima, Nasir selaku Kepala SMK SMAK Padang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta semua pihak yang telah membantu SMAK Padang untuk pencapaian ini. “Kami konsisten menerapkan Zona Integritas di SMK SMAK Padang” tutur Nasir di gedung SMK SMAK Padang, pada Kamis (3/3). (eri)

Previous articlePromosi Wisata, Pemko Sawahlunto Ikuti “Pekanbaru Bandaraya Melayu”
Next articleBPR Jam Gadang Sukses Lampaui Target di Saat Pandemi