Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Akan Bawa “Emas” ke Papua, Apa itu?

Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Papua – Papua Barat Dr. Suriel Mofu bersama tim mengunjungi LLDIKTI Wilayah X dalam rangka kunjungan kerja untuk peningkatan kapasitas pegawai, Senin (7/12/2020). Kunjungan itu diharapkan membawa informasi berharga tentang laboratorium terpadu dan perpustakaan dari LLDIKTI Wilayah X

Kunjungan kerja tersebut disambut baik oleh Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah X Yandri. A, SH, MH beserta jajaran di ruang sidang lantai 2 gedung utama.

Mengawali sambutannya, Plt. Kepala Lembaga menyampaikan gambaran singkat profil dan beberapa program unggulan LLDIKTI Wilayah X.

“Di LLDIKTI Wilayah X, hingga sekarang terdapat sebanyak 238 PTS. Berdasarkan bentuknya, Sekolah Tinggi menempati posisi paling banyak dengan jumlah 124 PTS. Selanjutnya Akademi 73, Universitas 31, Politeknik 6, dan Institut 6 PTS yang tersebar di wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Dari keseluruhan PTS tersebut, terdiri dari 1.002 program studi, 9.421 dosen, dan 262.676 jumlah mahasiswa,”terang Yandri.

Dilihat dari jabatan akademik dosen, lanjut Plt. Kepala Lembaga 28 di antaranya adalah guru besar, 390 lektor kepala, 2363 lektor, 3454 asisten ahli, dan selebihnya berstatus tenaga pengajar. Dari segi mutu PTS, 30 program studi sudah memiliki akreditasi A dan 522 terakreditasi B.

“Kami terus berbenah dalam meningkatkan layanan kepada PTS dan seluruh pemangku kepentingan lewat inovasi dalam beberapa program unggulan. LLDIKTI Wilayah X memiliki e-office dalam layanan persuratan, pengusulan angka kredit (PAK) online, Gugus Layanan Mutu (Gulamu), Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIMDOS), e-journal, e-library, dan sertifikat online,”ungkap Yandri.

Kasubbag TUBMN, Adelia Pramita Sari, menambahkan LLDIKTI Wilayah X juga memiliki perpustakaan dan laboratorium sebagai layanan penunjang peningkatan mutu sumber daya di perguruan tinggi. Di perpustakaan terdapat 6.361 judul buku dengan 50.956 eksemplar.

Baca Juga:  HUT ke-20 POSMETRO PADANG, "Bangga dengan Sumatera Barat"

Kampus maupun mahasiswa dapat meminjam buku tersebut. Pustakawan LLDIKTI Wilayah X juga memberikan referensi tentang buku-buku yang mudah akses sesuai kebutuhan pemustaka.

Selanjutnya, Kepala Laboratorium Dr. Sunadi, MP menjelaskan bahwa LLDIKTI Wilayah X juga merupakan satu-satunya LLDIKTI di Indonesia yang memiliki sarana penunjang tridharma perguruan tinggi. Dalam layanannya, laboratorium LLDIKTI Wilayah X melayani kegiatan praktikum (stationer dan mobile).

Beberapa fasilitas penunjang penelitian yang tersedia adalah AAS, Spektrofotometer UV-VIS, timbangan digital, laminar flow, autoclave, mikroskop trinokuler, oven, incubator, furnace, multiparameter water checker portable, freeze drying, rotary evaporator, dan alat analisa pendukung lainnya.

“Pelayanan laboratorium meliputi praktikum kimia (kimia dasar, kimia analitik, kimia organik, kimia bahan alam, kimia instrumen), praktikum fisika dasar dan fisika kesehatan, praktikum biologi (mikrobiologi, parasitologi, genetika dasar, anatomi), dan praktikum farmasi,” jelas Sunadi.

Sementara itu, dalam sambutannya LLDIKTI Wilayah XIV Dr. Mofu mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas pegawai dan pengembangan layanan bagi PTS Papua – Papua Barat.

“Kami datang untuk membawa emas ke Papua. Apa itu? Informasi berharga tentang bagaimana cara membangun, mengelola serta layanan laboratorium dan perpustakaan. LLDIKTI Wilayah XIV sudah merencanakan membangun laboratorium terpadu dan perpustakaan. Untuk itu, kami datang ke LLDIKTI Wilayah X untuk menggali semua informasi tentang bagaimana cara pengelolaan dan layanannya,” ucap Mofu. (*)

Previous articleTPS 07 Kelurahan Surau Gadang, Mahyeldi Ungguli Nasrul Abit
Next articlePasien Covid-19 masih Bisa Mencoblos, Petugasnya Pakai APD Lengkap