Yosviandri: Internalisasi Core Values AKHLAK Kolaboratif di Lingkungan SIG

14

Internalisasi Core Values AKHLAK di lingkungan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk (SIG) kembali dilaksanakan, Senin (7/6/2022). Kali ini dengan menghadirkan narasumber Direktur Operasi SIG Yosviandri untuk Internalisasi Core Values AKHLAK Kolaboratif.

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual melalui kolaborasi PT Semen Padang dengan SIG tersebut dihadiri hampir seribu karyawan SIG Group.

Berbeda dengan konsep acara sebelum-sebelumnya yang biasanya menampilkan presentasi dari narasumber, kali ini panitia mencoba menggali arti kolaboratif dari karyawan, melalui polling yang dikirimkan kepada  kepada insan SIG Group pada periode 27 Mei sd 1 Juni 2022.  Polling tersebut direspons sebanyak 536 responden.

Pada kegiatan Internalisasi Core Values AKHLAK itu Yosviandri menyampaikan bahwa kolaboratif harus dimulai dari yang kecil, tidak perlu yang berlebihan. Banyak contoh sederhana dari kolaborasi ini.

Misalnya pada bulan inovasi yang sekarang ini tengah berlangsung di SIG. Para inovator yang ada di lingkungan SIG maupun anak perusahaan SIG, ke depan tidak lagi melahirkan karya inovasi di lingkungan tempat kerja semata.

“Kalau bisa  inovasinya lahir dari kolaborasi lintas operating company. Mana tahu kolaborasi ini bisa memberikan value yang lebih baik lagi. Selama ini kan tim inovasinya, Padang sama Padang, Gresik sama Gresik dan Tonasa sama Tonasa,” katanya.

Baca Juga:  Tim Inovasi Semen Padang Sukses Efisiensi Bahan Kimia 94,10 Persen

Kemudian contoh lainnya, sebut Yosviandri, pada setiap perayaan 17 Agustus berupa panjat batang pinang. Tanpa bekerja sama atau berkolaborasi, tentu tidak akan bisa menaklukkan puncak batang pinang yang dipenuhi banyak hadiah.

Internalisasi Core Values AKHLAK Kolaboratif itu berlangsung antusias. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dan komentar positif seputar materi kalaborasi yang disampaikan kepada Direktur Operasi SIG, Yosviandri.

Seperti komentar Yuli A dalam kolom chat aplikasi microsoft teams, dia menulis “Ego adalah hal yang harus kita kalahkan terlebih dahulu agar sukses dalam berkolaborasi”. Sedangkan Admartin, ST, MM menulis Tks Pak Yos dan semuanya.

Kemudian, Yusuf Afandi, ST dalam kolom komentarnya juga menulis ACARA yang Amazinggg. Salam sehat. Salam bahagia semuanya. Kemudian, peserta dengan nama Lie. S juga menulis “Terima kasih sudah sharing ilmu dan pengalaman dari Pak Yos”. (*)