Yuk Intip Rutinitas Jondrizal, Juara Binaraga Nasional Asal Sumbar

81

Memiliki tubuh berotot menjadi keinginan setiap atlet binaraga. Begitu pula yang dilakukan juara binaraga nasional, Jondrizal alias Jon Katak (40). Binaragawan yang bernaung di bawah FKKSP Semen Padang itu, punya kiat khusus untuk membentuk tubuh berotot sehingga bisa menjuarai berbagai turnamen nasional dan lokal.

“Saya menjaga pola makan, mengonsumsi protein, dan mengatur pola latihan,” beber peraih Medali Emas Open Tournamen Nasional tahun 2014 kelas 60-75 kg itu.

Berikut yang dilakukan Jon Katak:

1. Menjaga Pola Makan Bersih dan Sehat

“Saya selalu menjaga pola makan bersih & sehat, bebas lemak tanpa gula, garam, minyak & santan,” kata Jon.

Ia membagi pola makan dalam sehari menjadi 5 kali, dengan selalu makan setiap 3 atau 4 jam sekali. Dua kali mengonsumsi karbohidrat & tiga kali mengonsumsi protein, buah dan sayuran serta air putih yang banyak untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan air.

  1. Mengonsumsi Protein

Selain menjaga pola makan, Jon Katak juga mengonsumsi protein alami & protein dari Suplemen. “Protein alami yang biasa saya konsumsi adalah dada ayam rebus, ikan tuna rebus, tahu atau tempe rebus,” katanya.

Untuk protein dari suplemen, ia mengambil dari Suplemen Whey protein yang tinggi kandungan gram proteinnya dan suplemen amino.

3. Latihan Teratur

Jon Katak juga menjaga pola latihan secara teratur yakni 2 kali sehari, pagi dan sore/ malam dengan metode latihan otot besar & otot kecil diiringi dengan Cardio. Latihan dilakukan dari Senin hingga Sabtu. Sementara Minggu, tidak latihan.

Prestasi Jon Katak

1.Medali Emas Open Tournamen Nasional tahun 2014 kelas 60-75 kg
2.The best Atlet Binaraga Terbaik Open Tournamen Nasional 2014
3.Medali Emas Porprov Sumbar 2014 kelas 65 kg
4.Medali Perak Indonesia Open Body Muscle 2014 kelas 60-75 kg
5.Medali Emas Porprov Sumbar 2016 kelas 65 kg
6.Medali Perak Kejurnas Mr Indonesia 2017 kelas 65 kg
7.Medali Emas Kejurnas Open Body Building (diikuti 5 negara di Asia) 2018 kelas 60-65 kg
8.Medali Emas PORPROV Sumbar tahun 2018 kelas 65 kg
9.Peraih Reward 2 orang Atlit Terbaik Sumbar dari KONI Sumbar & Dispora (Jondrizal & Iwan Samuray) penyumbang medali emas perorangan di Kejurnas 2018) awal tahun 2019

Baca Juga:  Lanjutan Audit SMP Obvitnas, Tim Mabes Polri Kunjungi Semen Padang 

Keinginannya untuk menjadi atlet binaraga berawal dari banyaknya peralatan barbel yang ada di rumah karena sang kakak merupakan atlet bola voli, sehingga sejak itu ia mulai latihan angkat barbel sendiri di rumah.

Latihan fitnes mulai rutin dilakukan sejak 2001 melalui ajakan dari seorang teman untuk masuk dalam Club Fitnes Semen Padang.

Tidak butuh waktu lama, hanya satu tahun, Jon Katak langsung mengikuti kejuaraan binaraga se-sumatera di Kota Padang tahun 2002 dan sukses meraih prestasi juara 3, dan di tahun yang sama juara 2 pada Open Tournament Binaraga se- Sumatera Barat di Bukittinggi.

Tahun 2002-2006 merupakan tahun keemasan baginya, dikarenakan banyak prestasi yang diraihnya. Pada 2003 ia berhasil menyabet predikat juara 1 pada kejuaraan Open tournamen Sumbar pada kelas 70 Kg ke bawah.

Tahun 2004 di kejuaraan Open tournament Sumbar di Kota Padang pada kelas 55 Kg ke bawah Jon Katak kembali tak tergoyahkan di juara 1 dan predikat juara 1 juga mampu di taklukkan kejuaraan sama yang digelar di Kota Solok.

Di tahun 2005 Jon mulai merangkak ke level Kejuaraan Nasional. Pada Kejurnas ia berhasil mendapatkan medali perunggu di kelas 55 Kg dan di tahun yang sama Medali Emas juga didapat di Kota Padangpanjang pada kejuaraan Open Tournamen di kelas 55 Kg. Dan di tahun 2006 Jondrizal kembali mendapatkan satu emas dan satu perak pada kejuaraan daerah di Kota Padang dan Sawahlunto. (*)