PT Semen Padang Ikut Berjibaku Melawan Covid-19 di Sumbar

17
Penyerahan fasilitas untuk mencuci tangan di Balaikota Padang dari PT. Semen Padang. (Foto: humas)

PT Semen Padang sejak Maret 2020, menunjukkan kiprah nyata membantu memutus mata rantai Covid-19. Sasarannya lingkungan internal perusahaan, dan masyarakat Sumatera Barat.

“Sejak Maret 2020 berbagai program sudah kita lakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan perusahaan dan lingkungan masyarakat,” kata Ketua Tim Covid-19 PT Semen Padang, Oktoweri, didampingi Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati di Padang, Rabu (11/11/2020).

Ia mengatakan,di awal pandemi Covid-19 di Sumatera Barat, PT Semen Padang telah melakukan pencegahan dini terhadap penularan Covid-19 melalui pemberian vaksin influenza kepada karyawan Semen Padang Group sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Kemudian, juga mensosialisasi tentang wabah Covid-19 kepada karyawan/ti Semen Padang Group melalui berbagai webinar dengan menghadirkan sejumlah pakar kesehatan. Salah satunya Dr dr Andani Eka Putra MSc yang merupakan Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Unand.

“Dokter Andani diundang dalam berbagai webinar yang kami gelar, karena kontribusinya yang begitu besar di masa pandemi di Sumatera Barat,” kata Oktoweri.

PT Semen Padang juga melakukan berbagai kegiatan, seperti kampanye pengenalan, gejala, dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui media digital, media luar ruang seperti spanduk, baliho dan media lainnya. Tak hanya di lingkungan perusahaan, bekerjasama dengan Pemko spanduk dipasang di titik-titik strategis di Kota Padang.

Kemudian, pembagian ribuan masker, bantuan chamber disinfektan untuk beberapa rumah sakit di Sumatera Barat, dan juga pemberian bantuan alat cuci tangan untuk instansi pemerintahan dan 10 pasar di Kota Padang, serta menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat Ring 1 perusahaan yang terdampak Covid-19.

“Kita juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 145 fasilitas umum yang ada di Kecamatan Lubukkilangan yang merupakan ring 1 perusahaan PT Semen Padang. Kemudian, juga penyemprotan Pasar Bandar Buat dan Pasar Indarung secara rutin, dua kali dalam seminggu, yaitu malam sebelum hari pasar,” ujarnya.

Berbagai upaya yang dilakukan PT Semen Padang ini, mendapat apresiasi oleh Pemko Padang. Apresiasi itu disampaikan Pemerintah Kota Padang melalui pemberian penghargaan kepada PT Semen Padang atas partisipasinya.

“Penghargaan dari Pemko Padang itu, diserahkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada Malam Apresiasi Atas Partisipasi Aktif Penanganan Dampak COVID-19 di Kota Padang yang digelar di Grand Zuri Hotel pada 21 September kemarin,” bebernya.

Baca Juga:  Covid-19, Semen Padang Fasilitasi Karyawan Vaksin Booster Gelombang Ketiga

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, PT Semen Padang juga telah memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah, atau work from home (WFH) bagi karyawan kantoran.

Kemudian, juga diterapkan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan PT Semen Padang, seperti wajib pakai masker, cuci tangan sebelum masuk kantor, jaga jarak dan tidak boleh melakukan kerumunan lebih dari lima orang. “Aturan ini telah diikuti dan telah menjadi kebiasaan baru bagi seluruh karyawan dan stakeholders,” katanya.

Guna mengedukasi keluarga besar Semen Padang dan masyarakat tentang Covid-19, menurut Nur Anita, PT Semen Padang telah melakukan berbagai sosialisasi dalam bentuk penyelenggaran Webinar.

Kegiatan itu di antaranya, Webinar bertema Informasi terkini tentang Penyakit Corona Virus, Perkembangan dan Pencegahannya pada Kamis, 5 Maret 2020 dengan narasumber dr Gentina (Ka. Bid. P2P Dinkes Kota Padang). Kemudian Webinar Kesiapsiagaan karyawan menghadapi virus corona Kamis, 5 Maret 2020 dengan narasumber Kol. CKM (purn) dr. Farhaan Abdullah, Sp THT-KL (eks. Direktur Semen Padang Hospital).

Selanjutnya, Webinar Tanya Jawab seputar covid 19 pada Rabu, 22 April 2020 dengan narasumber dr. Selfi Farisha (Dirut Semen Padang Hospital). Kemudian Webinar Bincang-bincang Sehat pada Minggu, 5 Juli 2020 dengan narasumber dr. Dessy Meizarti, SpP (Anggota Gugus Covid-19 Sumbar).

Kemudian, Webinar New Normal bukan back to normal “Covid 19 dan Pola Penyebarannya pada Rabu 19 Agustus 2020 dengan narasumber Andani Eka Putra. Selanjutnya, Webinar Mencegah Covid mulai dari lingkungan keluarga pada Sabtu, 19 September 2020 dengan narasumber dr. Selfi Farisha.

Webinar Latihan Fisik di Era New Normal “Sehat dan Aman” pada Jumat, 9 Oktober 2020 dengan narasumber dr. Putra Rizki, Sp KO (Dokter spesialis kedokteran olahraga Semen Padang Hospital).

Kemudian Webinar Bekerja dan Bermuamalah Sebagai Ibadah dimasa Pandemi pada Rabu, 14 Oktober 2020 dengan narasumber Prof. KH. M. Cholil Nafis, LC,MA,Ph.D (Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat) Karyawan PT Semen Padang

Selanjutnya mengambil momentum Hari Sumpah Pemuda digelar Webinar Bincang Sehat Bersama dr M.S Fernandy, Talkshow Inspiratif bersama komunitas Berbagi Nasi Padang dan Sosialisasi Core Value BUMN “AKHLAK”, pada Minggu 1 November 2020. (*)