Semen Padang Bantu Petani Kopi Bancah Sikayan Balumuik Meraih Berkah

26

Komitmen PT Semen Padang untuk memajukan masyarakat Bancah, Sikayan Balumuik Limau Manih, Kecamatan Pauh terus diwujudkan. Kali ini masyarakat petani kopi akan mendapatkan pendampingan budidaya kopi robusta.

“Di Bancah, Sikayan Balumuik, memang sedang dikembangkan budidaya kopi. Kita mendukung upaya masyarakat Bancah tersebut, sebab ladang kopi itu akan mampu meningkatkan perekonomian mereka. Kita  apresiasi dengan perhatian dari PT Semen Padang dalam bentuk program pendampingan petani kopi di Bancah Sikayan,” kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozawardi, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa pada Januari 2021, Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial. SK PS itu berupa memberikan izin aktivitas masyarakat di dalam hutan lindung.

Di Kota Padang hutan sosial itu ada Hutan Kemasyarakatan Sikayan Balumuik Limau Manih, Kecamatan Pauh. Luasnya sekitar 300 hektare. Dengan kewenangan itu menjadi potensi bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, karena masyarakat sudah berada dalam hutan.

“Karena masyarakat sudah berada dalam hutan. Tidak mungkin lagi kita keluarkan. Untuk itu kita berikan akses untuk mengelola hutan dengan menanam tanaman produktif,” sebut Yozawardi.

Diakuinya, kepedulian perusahaan ikut membina masyarakat petani kopi sangat membantu dalam menjaga kelestarian hutan. Karena Sikayan  Balumuik adalah daerah tangkapan air atau catchment area bagi Kota Padang. “Jika masyarakat sudah sejahtera mereka tidak akan merambah hutan lagi. Tidak ada penebangan liar,” harapannya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri menjelaskan komitmen PT Semen Padang untuk memajukan masyarakat petani Sikayan Balumuik, tidak hanya dalam jangka pendek. Namun jangka panjang dengan banyak program.

Baca Juga:  Realisasi Ekspor Semen Padang Hingga September Capai 377.811,94 MT

“Ini tidak untuk jangka pendek. Untuk apa kita kejar sekarang, hasilnya tidak memadai.  Makanya kita merancang kerjasama yang sifatnya jangka panjang untuk kemajuan masyarakat,” sebut Oktoweri.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, komitmen PT Semen Padang untuk memajukan petani di Kawasan Bancah Limau Manih Selatan, merupakan salah satu dari berbagai program yang digulirkan perusahaan di nagari tersebut.

Berbagai program yang dilaksanakan perusahaan tersebut, kata Nur Anita, merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam menjaga hubungan harmonis antara masyarakat lingkungan dengan perusahaan. “Hubungan harmonis ini akan berimplikasi pada dukungan terhadap perusahaan dan pada gilirannya terwujudnya reputasi perusahaan,” imbuh Nur Anita.

Terpisah, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis, Syarifuddin Dt Bungsu menyebutkan, kehadiran PT Semen Padang di Limau Manih sudah dirasakan masyarakat. Dimulai dengan membentuk Forum Nagari, sampai bantuan-bantuan insidentil yang sangat meringankan beban warga. “Berbicara PT Semen Padang, kami akui, sudah sangat dirasakan kehadirannya di Limau Manih. Tidak kami minta, tapi mereka yang memberi,” sebutnya.

Apalagi dengan adanya rencana CSR Semen  Padang memberikan pembinaan bagi petani Kopi Bancah. Niat itu jelas sangat membantu warga Limau Manih yang dominan berprofesi sebagai petani. (*)