Nelvi Irawati: Inilah Dua Kategori Penilaian Assesment Kearsipan Internal

22

Assesment kearsipan internal PT Semen Padang telah dimulai sejak Juni 2022, dan dilakukan 1 kali setahun. Assesment ini juga menjadi output terhadap Laporan Audit Kearsipan Internal. Assesment kearsipan adalah proses dalam menilai kesuksesan antara prinsip, kaidah dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan.

“Kaidah yang dimaksud di sini adalah kaidah yang ditetapkan oleh ANRI, dan pelaksanaan asessment internal ini merupakan suatu kewajiban bagi PT Semen Padang, karena kearsipan PT Semen Padang sudah terverifikasi oleh ANRI,” kata Kepala Unit Sistem Manajemen PT Semen Padang, yang juga Ketua Tim Penilaian Assesmen Kearsipan Internal PT Semen Padang, Nelvi Irawati, Selasa (19/7).

Untuk penilaiannya, ada dua kategori yang dinilai, yaitu aspek pengelolaan arsip dinamis dan aspek sumberdaya kearsipan. “Untuk aspek pengeloaan arsip dinamis, yang kami nilai adalah aspek penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip. Kemudian untuk aspek sumber daya kearsipan, penilaiannya terkait SDM kearsipan, prasarana dan sarana kearsipan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Unit Sistem Manajemen PT Semen Padang telah menuntaskan asessment terhadap pengelolaan arsip di masing-masing unit kerja di lingkungan PT Semen Padang.

Baca Juga:  Semen Padang Dukung Pengecoran Jalan Bukit Aua Limau Manis Sepanjang 1 Km

Dari hasil asessmen tersebut, Departemen Keuangan PT Semen Padang meraih penghargaan Terbaik I dengan skor 90,5. Terbaik II diraih oleh Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan dengan nilai 89,9 dan terbaik III oleh Internal Audit dengan nilai 89,7. (*)