Pelajari Plant Optimizer, Tim SBI Benchmarking ke Semen Padang

11

Pelajari Pengembangan Plant Optimizer, Tim SBI Benchmarking ke Semen Padang

Tim dari PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) melaksanakan benchmarking dan sharing knowledge untuk melihat inisiatif digitalisasi yang ada di PT Semen Padang, dalam upaya belajar dan menggali layanan digitalisasi yang dilakukan pabrik pertama di asia tenggara itu.

Kedatangan tim SBI disambut Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra, didampingi Wakil Kepala Departemen Pemeliharaan, Hendra Bayu, Kepala Unit Humas, Nur Anita Rahmawati dan Staf Perencanaan & Evaluasi Pemeliharaan, Tonny Elter dan Yanuardi di Ruang Rapat Kantor Bagonjong PT Semen Padang, Rabu (20/7/2022)

Rombongan SBI di Semen Padang selama dua hari, (20-21/07/2022) dipimpin oleh Kepala Management & Operation Support, Bisrul Alamsjah didampingi Staf Management & Operation Support, Syafril, Staf Corporate Energy & Process, Kholil, Helmi dan Adi Y, Staf Corporate Maintenance, Rudi dan Huda serta Staf Performance Management, Gunawan
dan Natasha.

Indrieffouny Indra mengucapkan terima kasih kepada Direksi SBI yang telah memilih PT Semen Padang sebagai tempat benchmarking dan sharing knowledge dalam hal belajar dan menggali layanan digitalisasi pabrik.

Baca Juga:  Merpati Putih Semen Padang Raih 6 Medali di Kejuaraan se-Sumatera

“Semen Padang dengan SDM internal telah mengembangkan dan implementasikan plant optimizer di pabrik Indarung 4 dan 5. Sementara pabrik Indarung 6 menggunakan PXP dari OEM FLSmidth,” kata Arif, sapaan akrab Direktur Operasi PT Semen Padang itu.

Ia mengatakan, berdasarkan performance test plant optimizer yang dibuat Semen Padang di Cement Mill pabrik Indarung 4 memberikan efisiensi power consumption lebih tinggi dibandingkan dengan plant optimizer buatan OEM di pabrik Indarung 6

“Untuk pengembangan plant optimizer di SBI, Semen Padang siap membantu dalam bentuk replikasi teknologi serta konsultasi,” katanya.

Arif juga mengatakan, kedatangan rombongan SBI bisa sebagai wadah untuk sharing knowledge, sehingga mendukung perkembangan sistem otoritas dan digitaslisasi pabrik kedua perusahaan.

“Kunjungan SBI ini merupakan tindaklanjut Rapat Koordinasi Direktorat Produksi SIG tentang Penerapan Best Practice setiap Opco,” ujarnya.

Sedangkan Bisrul Alamsjah dari SBI mengatakan pihaknya akan fokus berdiskusi mengenai otoritas dan digitalisasi sistem pabrik. Advance proses control yang dibuat oleh PT Semen Padang secara mandiri, nanti dicoba mengimplementasikan di SBI. (*)