IIP BUMN Sumbar Gelar Pertemuan Rutin, Bahas Penyakit Degeneratif

10

Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Wilayah Sumatera Barat menggelar pertemuan rutin di Wisma Indarung Semen Padang, Rabu (22/6/2022). Pada pertemuan itu dilaksanakan seminar kesehatan dengan menghadirkan dokter ahli penyakit dalam, Dr dr Hj Arina Widya Murni SpPD-K-PSi, FINASIM, yang membahas penyakit degeneratif.

Ketua IIP BUMN Sumbar Ny. Icha Asri Mukhtar dalam sambutannya mengatakan, penyakit degeneratif sangat meningkat di Indonesia. Penyakit ini seringkali diabaikan oleh masyarakat dan para pembuat kebijakan sehingga jumlah penderitanya semakin bertambah.

“Angka penyakit tidak menular seperti degeneratif, obesitas, dan trauma akibat kecelakaan lalu lintas semakin meningkat. Sedangkan penyakit lainnya seperti jantung, dan kanker berkurang setiap tahunnya, ” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Unand itu.

Meskipun dikategorikan sebagai proses penuaan, namun penyakit degeneratif tidak selalu menimpa orang yang berusia lanjut. “Orang yang berusia muda juga berpotensi terkena penyakit ini,” kata Ny Icha.

Ia mengatakan, peran ibu sebagai penyedia asupan yang sehat begitu penting. Ibu juga berperan dalam deteksi dini berbagai penyakit pada keluarganya. “Dapat dikatakan bahwa ibu adalah dokter bagi anggota keluarganya. Saat salah satu anggota keluarga sakit, secara otomatis ibu akan melakukan pertolongan awal untuk mengurangi keluhan,” katanya.

Baca Juga:  Dibantu Semen Padang, 32 Orang Welder Dapat Sertifikasi

Ibu menurut Ny.Icha, juga menjadi sosok yang mengenalkan dan menanamkan kebiasaan hidup sehat pada keluarganya. “Mengingat perannya yang sangat penting dalam keluarga, maka ibu harus dalam kondisi sehat, baik secara fisik maupun mental,” ujarnya.

Ketua pelaksana acara yang juga Ketua Bidang Ekonomi dan Organisasi, Ny Ines Oktoweri menyampaikan acara rutin pertemuan IIP BUMN Sumbar kali ini diselenggarakan oleh PT Semen Padang.

“Dalam acara ini panitia menghadirkan pemateri seminar kesehatan dari Rumah Sakit Umum Unand Dr.dr.Hj.Arina Widya Murni, Sp.PD-K-PSi, FINASIM, dengan tema Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Degeneratif,” kata Ny Ines.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya pertemuan rutin IIP BUMN Sumbar tersebut. Pertemuan rutin IIP BUMN Sumbar tersebut diadakan dua bulan sekali. Ini merupakan kegiatan rutin dan pengembangan dari program kerja IIP BUMN Sumbar guna menjalin silaturahmi antara istri Pimpinan BUMN.

Hadir pada kesempatan itu Sekretaris I Ny Adek Dorce Yunirsyam, Sekretaris II Ny Dian Nicko, Bendahara I, Ny Laora Yorinaldi, Bendahara II Ny Yuniarti Denis, puluhan ibu-ibu istri pimpinan BUMN lainnya di Sumbar, dan Ketua Umum IIP BUMN Sumbar 2018-2022, Ny Risna Yosviandri.(*)