Dokter Spesialis Jantung SPH: Kenali Gejala & Faktor Penyakit Jantung

38
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah SPH

Penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak boleh diabaikan. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Semen Padang Hospital (SPH), dr Eka Fithra Elfi SpJP(K), memberitahu bahwa ada berbagai gejala yang mengindikasi bahwa seseorang menderita penyakit jantung. Namun ia menjelaskan bahwa gejala penyakit jantung bisa berbeda-beda, tergantung jenis penyakitnya.

Gejala umum penyakit jantung dapat berupa rasa nyeri bagian dada hingga jantung berdebar, mudah lelah hingga sesak nafas. Ada juga gejalanya berupa penyakit pembuluh darah tungkai berupa nyeri tungkai bila berjalan, kaki dingin dan kebas, luka kaki yang tidak mau sembuh, menandakan adanya penyakit arteri perifer atau penyempitan pembuluh darah tungkai.

“Sebenarnya gejala jantung itu bermacam-macam, tergantung penyakitnya. Hal itu tergantung jenis dari penyakit jantung itu sendiri seperti penyempitan pembuluh darah pada jantung, jantung koroner, atau Payah/gagal jantung. Jadi sebaiknya jika telah terasa dari gejala umum seperti yang saya sampaikan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan untuk jaga-jaga, apalagi jika kerapkali dirasakan oleh orang yang berusia di atas 50 tahun ke atas,” ujarnya Dokter Eka yang menamatkan pendidikan Kedokteran Umum di Unand 2007. Lalu menyelesaikan pendidikan spesialisnya 2013 di Unand, dan pendidikan subspesialis di Institut Jantung Negara Malaysia sampai 2019.

Di sisi lain, katanya, ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung yakni riwayat keluarga, Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi, Kadar Kolesterol HDL rendah, Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), Merokok, Diabetes Mellitus, Kegemukan, hingga karena tubuh kurang berolahraga.

Baca Juga:  Wagub Gerak Cepat, SPH Pinjamkan Ventilator ke RS Terbesar Sumbar

Menurutnya, penyakit jantung tidak hanya dari faktor keturunan, namun juga bisa didapat dari gaya hidup yang tidak sehat. Jadi ia meminta kepada masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan.

“Jika rasanya gaya hidup yang Anda jalani tidak sehat dan ada indikasi mengarah ke penyakit jantung, segera lakukan pemeriksaan agar tidak terlambat. Di Semen Padang Hospital, kita menerima layanan pemeriksaan kesehatan jantung dan perawatan untuk penderitanya,” jelasnya.

Ia menambahkan, SPH memiliki layanan unggulan untuk kesehatan jantung. Di rumah sakit tersebut tersedia diagnostik non invasif dengan ekokardiografi dan Treadmill Stress Test. Layanan ini berfungsi untuk mendeteksi kelainan struktur jantung dan penyakit jantung koroner.

Kemudian diagnostik invasif dan intervensi kardiak dan periferal. Hal ini untuk mendiagnosis penyakit pembuluh darah jantung dan pembuluh darah tungkai serta melakukan tindakan pengobatannya melalui tindakan angioplasti (pemasangan balon dan ring).

“Jaga kesehatan jantung Anda dengan menjaga pola makan dan pola hidup, karena penyakit jantung bisa timbul dari banyak lemak, makanan minyak dan banyak garam. Lebih baik menjaga tubuh dari faktor risiko. Jika ada keluhan, silakan lakukan pemeriksaan,” ujar dr Eka mengajurkan. (*)

Previous articleDokter Jantung SPH: Tips Tetap Sehat Berpuasa Penderita Jantung
Next articleTanpa Ganti Nama, Ini Desain Platform Puncak Paku Mandeh