Semen Padang Koordinatori Proyek GSG & Lapangan Basket FH Unand

43

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Dr. H. Anwar Usman, SH. MH pada Jumat (26/3/2021), meresmikan penggunaan Gedung Serba Guna (GSG) dan Lapangan Basket Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) yang dibangun melalui program CSR Bersama 10 BUMN.

Peresmian proyek di Fakultas Hukum Unand itu, diawali dengan pengguntingan pita yang dilakukan Anwar Usman, Dirut PT Semen Padang Yosviandri, Sekjen Mahkamah Konstitusi Dr M Guntur Hamzah SH MH, Asisten Pemerintahan Setdaprov Sumbar Devi Kurnia, dan Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, SH MH.

Hadir Komisaris PT Semen Padang yang Ketua Senat Akademik Prof Dr Werry Darta Taifur SE MA, Guru Besar Fakultas Hukum Unand yang juga Hakim Konstitusi Prof Dr Saldi Isra SH MPA, Dekan Fakultas Hukum Unand Prof Dr Busyra Azheri SH MHum, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri, Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, serta perwakilan dari 10 BUMN yang terlibat dalam proyek renovasi GSG dan pembangunan lapangan basket Fakultas Hukum tersebut.

Ketua MK Anwar Usman mengapresiasi 10 BUMN donatur yang telah bersinergi dalam merenovasi GSG dan membangun lapangan basket untuk Fakultas Hukum Unand. Sinergi tersebut, menurutnya, juga merupakan wujud dari konsistensi 10 BUMN tersebut, terhadap dunia pendidikan.

Dirut PT Semen Padang Yosviandri selaku koordinator 10 BUMN yang terlibat dalam renovasi GSG dan pembangunan lapangan basket Fakultas Hukum Unand menyampaikan, pelaksanaan proyek renovasi GSG dan pembangunan Lapangan Basket Fakultas Hukum Unand ini merupakan wujud dukungan Kementerian BUMN melalui Program CSR BUMN di Bidang Pendidikan, khususnya peningkatan sarana dan prasarana penunjang.

Ia mengatakan, proyek tersebut melibatkan 10 BUMN, masing-masing PT Semen Padang, PT Pertamina, PT Perkebunan Nusantara III, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Angkasa Pura II, PT Pelabuhan Indonesia II, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia, PT Bukit Asam Tbk dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

Ia berharap GSG dan Lapangan Basket di Fakultas Hukum Unand ini dimanfaatkan dengan baik dalam rangka pembinaan mahasiswa. Ia juga menyampaikan bahwa renovasi GSG dan Pembangunan Lapangan Basket ini tidak terlepas dari peran penting Guru Besar Fakultas Hukum Unand Prof Saldi Isra.

Sementara itu, Oktoweri, selaku Kepala Proyek mengatakan, renovasi GSG dan pembangunan Lapangan Basket Fakultas Hukum Unand itu, dibangun dengan total dana Rp 4,9 miliar lebih yang berasal dari dana CSR 10 BUMN.
Donatur BUMN, kata Oktoweri, sepakat menunjuk Semen Padang sebagai koordinator menggunakan prosedur yang dipakai di Semen Padang untuk pelaksanaan proyek ini dan meminta Kementerian BUMN untuk menunjuk 1 BUMN karya yang mengawas proyek ini dan ditunjuklah PT Virama Karya (Persero).
Ia menjelaskan, pelaksanaan proyek ini mengutamakan vendor lokal karena BUMN juga punya misi sebagai penggerak ekonomi. “Proyek ini dilaksanakan dengan Good Coorporate Governance, sehingga dapat dipertanggungjawabkan keuangannya,” tambah Oktoweri.

Baca Juga:  Sekuriti Semen Padang Serahkan Zakat Fitrah di Sikayan Bansek

Pelaksanaan proyek dibagi ke dalam 3 (tiga) paket pekerjaan dengan mempertimbangkan kompetensi vendor lokal yang tersedia, yakni Paket Pekerjaan A (Gedung Sipil & Arsitektur) Gedung Serba Guna oleh Kontraktor PT Japutra Teknikindo. Paket Pekerjaan B (Landscape) Lapangan Basket dan Pelataran/Taman oleh Kontraktor PT Farozi Utama Mandiri.

Kemudian Paket Pekerjaan C (Elektrikal & Utilitas) oleh Kontraktor PT Sepatim Batamtama, serta dibantu oleh PT Virama Karya (Persero) sebagai konsultan Pengawas Proyek. “Ground breaking konstruksi proyek ini dilaksanakan 13 Juli 2020 dan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 6 bulan,” terangnya.

Oktoweri mengungkapkan, beberapa kendala dialami dalam pelaksanaan proyek antara lain, perubahan lokasi lapangan basket, perubahan design dan keterbatasan jumlah vendor lokal yang tersedia untuk memenuhi persyaratan, disamping juga isu pandemi sehingga mempengaruhi durasi proyek.

“Namun begitu, alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, proyek ini dapat diselesaikan sesuai rencana dan anggaran yang tersedia, sehingga dapat diserah terima kan pada hari ini,” ujarnya.

Rektor Unand Prof Yuliandri mengucapkan terimakasih kepada 10 BUMN. “Semoga GSG dan lapangan basket ini dapat menjadi sarana untuk mendukung semua aktivitas yang kita lakukan, khususnya di Fakultas Hukum Unand. Ini semua, juga berkat dukungan Ibu Rini Soemarno ketika masih menjabat Menteri BUMN dan juga dukungan dari Menteri BUMN saat ini yang dijabat oleh Pak Erick Thohir, sehingga renovasi GSG dan pembangunan lapangan basket di Fakultas Hukum Unand ini dapat terwujud,” katanya.

Dekan Fakultas Hukum Unand Prof.Dr.Busyra Azheri, SH M.Hum menambahkan bahwa GSG dan lapangan basket yang dibagun oleh 10 BUMN Donatur ini, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kegiatan dosen dan mahasiswa, seperti olahraga, seminar, dan kegiatan lainnya.

“Saya mewakili civitas akademika Fakultas Hukum Unand, mengucapkan terimakasih kepada 10 BUMN Donatur atas dukungannya yang telah merenovasi GSG dan membangun lapangan basket untuk kami di Fakultas Hukum Unand. Kami pun akan memanfaatkan fasilitas yang diresmikan hari ini dengan sebaik-baik mungkin,” katanya.(*)

Previous articleTak Ada Impor Beras hingga Juni, Jokowi: Bulog Serap Beras Petani
Next articleAndre Rosiade Bagikan Ratusan Sembako di Bungo Pasang