Siti Aisyah: Raih PROPER Hijau, Semen Padang Lebihi Ketaatan dan Standar

12
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar Siti Aisyah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar Siti Aisyah mengucapkan selamat atas keberhasilan PT Semen Padang meraih PROPER Hijau dari Kemen LHK. Pengumuman anugerah PROPER disiarkan melalui Chanel Youtube Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), Selasa (28/12/2021).

“Dalam pengelolaan lingkungan hidup, PT Semen Padang telah melebihi ketaatan dan standar yang ditetapkan dalam baku mutu lingkungan. Karena itu kami mengusulkan dan mendukungnya untuk mendapatkan PROPER Hijau. Selamat untuk PT Semen Padang, dan kami harapkan tahun depan PT Semen Padang dapat mempertahankan PROPER Hijau ini,” kata Siti Aisyah yang dihubungi Selasa (29/12/2021)

Ia mengungkapkan, ada beberapa hal yang diupayakan PT Semen Padang untuk mendapatkan anugerah PROPER Hijau. Di antaranya, berkontribusi untuk membantu daerah menangani masalah limbah COVID-19 dengan memanfaatkan kiln PT Semen Padang untuk memusnahkan limbah COVID-19. “Jadi wajar PT Semen diberi apresiasi dan mendapatkan PROPER Hijau dari Kemen LHK,” tambahnya.

Komitmen dan ketaatan yang tinggi PT Semen Padang dalam pengelolaan lingkungan hidup berbuah manis. Kemen LHK mengapresiasi PT Semen Padang dengan anugerah PROPER Hijau pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2021.

Baca Juga:  Kunjungi Dirut Semen Padang, PLN Inisiasi Kolaborasi Bidang Kelistrikan

Ketua Dewan Pertimbangan PROPER Prof Sudharto P Hadi pada acara Anugera PROPER Hijau mengatakan, tahun 2021 merupakan tahun yang istimewa. Pertama, jumlah peserta PROPER mencapai 2593, terbesar sejak PROPER diselenggarakan mulai tahun 1996. Kemudian istimewa kedua adalah, menetapkan dua inovasi pada anugerah PROPER, yaitu Inovasi Sosial dan Eco Inovasi.

PROPER merupakan salah satu instrumen kebijakan pemerintah dalam kegiatan pengawasan, yang melihat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Aspek pengelolaan lingkungan yang terkait dengan Proper antara lain, pengawasan ketaatan terhadap peraturan, pengendalian kerusakan dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Setiap perusahaan yang mengikuti penilaian PROPER akan memperoleh peringkat kinerja tertentu. Kinerja tertinggi meraih kategori warna emas, di bawahnya warna hijau,  warna biru, warna merah dan warna hitam kategori paling rendah. (*)