SDN 02 Durga jadi Tempat Isolasi Warga Positif Covid-19

59
Asisten Pemerintahan Pejabat Pemberi Informasi Kabupaten Limapuluh Kota, Dedy Purmana ketika meninjau kesiapan SDN 02 Durian Gadang sebagai tempat karantina pasien Covid-19. (Sy Ridwan-Padang Ekspres)

Pemkab Limapuluh Kota menggunakan SDN 02 Durga sebagai karantina warga yang terpapar Covid-19. Ini menindaklanjuti adanya temuan 43 warga Nagari Durian Gadang (Durga), Kecamatan Akabiluru yang terpapar korona.

“Kita bersama-sama pemerintah daerah, mengambil langkah dengan suatu persiapan yang matang, kita akan memakai gedung SDN 02 Durian Gadang dan kita akan sesuaikan kondisi SD dan kapasitas yang ada di SD dengan jumlah masyarakat yang terpapar yang patut diisolasi,” ungkap Asisten Pemerintahan Pejabat Pemberi Informasi Kabupaten Limapuluh Kota Dedy Purmana, Kamis (01/04/2021).

Dikatakan, bagi masyarakat yang bisa mengisolasi keluarganya dengan layak, akan dipersilakan isolasi mandiri. “Kita telah memantau sekolah, secara operasional sudah kita katakan layak pakai,” ujarnya

Labih lanjut Dedy menyebutkan pemakaian gedung sekolah SDN 02 Durga direncanakan pada kemarin atau hari ini. “Insya Allah jika persiapan itu matang, bisa pada hari ini dan Insya Allah bisa juga besok,”ungkap Dedy

Pantauan Padang Ekspres di SDN 02 Durga, sekolah terdiri atas delapan ruangan, enam kelas belajar, ruangan guru, ruang perpustakaan, musala serta dilengkapi dengan dapur.

Baca Juga:  Pengendalian Covid, Dr. Andani Minta Pemda Maksimalkan Satgas Nagari

“Sedangkan terkait kebutuhan sehari-hari, baik makan minum, ibu-ibu PKK di sini akan bergotong-royong secara bergantian untuk memasak,” tutur Dedy.

Kata Dedy, adapun upaya nagari adalah membentuk relawan yang beraktifitas berdasarkan fungsi dan tugasnya untuk mengkomunikasikan dengan masyarakat serta mengajak untuk berpatisipasi dalam upaya masyarakat untuk swab.

Dedy menambahkan, pintu masuk dan keluar Nagari Durga diperkat dengan menempatkan petugas di Posko Kapalo Baringin dan Posko Kapalo Koto dari BPDB, Satpol PP, TNI/Polri serta dukungan dari linmas Kabupaten Limapuluh Kota. (rid)

Previous articleDalam Waktu Dekat Lakukan Penilaian Harga Sewa
Next articlePinjaman Akseleran Tumbuh 130% di Masa Pandemi, Ivan: NPL Rendah