Sudah 1.773 Pasien Positif Covid-19 Sembuh

27
ilustrasi. (net)

Sebanyak 61 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang, kemarin (30/9) dinyatakan sembuh. Dengan penambahan tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang mencatat total pasien positif Covid-19 sembuh menjadi 1.773 orang.

“Hari ini (kemarin, red) pasien sembuh bertambah 61 orang. Total pasien sembuh menjadi sebanyak 1.773 orang,” kata Kepala Dinkes Kota Padang Ferimulyani Hamid, kemarin.
Dia menambahkan, kasus positif terkonfirmasi Covid-19 juga bertambah sebanyak 40 kasus. Hingga saat ini total kasus positif Covid-19 di Kota Padang tercatat sebanyak 3.029 kasus.

40 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, sambungnya, rata-rata berstatus tanpa gejala dan telah menjalani isolasi mandiri, karantina, dan dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Padang.

Selain itu, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia juga bertambah dua orang. Jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 64 orang. Rata-rata pasien meninggal ini memiliki penyakit penyerta.

Dengan kondisi demikian, Ferimulyani mengimbau kepada masyarakat sebagai garda terdepan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Diharapkan mulai mengikuti protokol kesehatan, sesuai aturan yang telah dibuat pemerintah.

Baik Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru pada Masa Pandemi Covid-19 atau Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dengan cara menerapkan pola 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Tidak sekadar hanya memakai masker, namun memakai masker dengan benar yang menutupi hidung dan mulut,” terang Ferimulyani.

Berdasar hasil penelusuran data di laman resmi Dinkes Kota Padang, dari total 3.029 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, 460 bergejala dan 732 tanpa gejala. Dari 219 kasus positif bergejala tersebut, 158 orang pasiennya dirawat, 241 isolasi mandiri, dan 61 orang menjalani karantina. Sedangkan dari 732 kasus tanpa gejala, 41 orang pasiennya dirawat, 636 isolasi, dan 55 orang menjalani karantina.

Baca Juga:  Cegah Ponpes jadi Klaster Covid-19

Sementara itu, dari 252 kasus suspek, 56 orang diantaranya dirawat dan 196 orang menjalani isolasi. Sedangkan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit yang masih dalam pantauan sebanyak 64 orang.

52 Warga Terjaring tak Pakai Masker
Sementara itu, tim gabungan operasi yustisi Satpol PP Kota Padang dan Polresta Padang kembali mengamankan sebanyak 52 orang pelanggar Perwako Nomor 49 tahun 2020 tentang Pola hidup Baru. Rabu (30/9).

Ke-52 orang tersebut didapati petugas tidak memakai masker saat keluar rumah di kawasan Pasar Belimbing. Kepala Satpol PP Kota Padang, Alfiadi mengatakan, mereka didapati petugas tidak menggunakan masker. Selanjutnya menjalani sanksi sosial membersihkan fasilitas umum.

Selain diberikan sanksi, mereka juga diberikan edukasi pentingnya menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat. Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang. “Setelah diberikan sanksi dan edukasi, mereka juga kita berikan masker,” tambah Alfiadi.

Alfiadi berharap, ke depannya jangan sampai ada masyarakat yang kedapatan dua kali tidak menggunakan masker dalam operasi yustisi di Kota Padang. “Kita sangat berharap masyarakat agar patuh dan taat dalam menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. Operasi yustisi ini setiap hari dilaksanakan bersama tim gabungan, untuk lokasi tidak bisa kita pastikan, yang jelas operasi ini akan terus dilakukan hingga pandemi ini dinyatakan berakhir di Kota Padang,” harapnya. (i/eri)