Satu Rumah Sakit, 3 Puskemas Baru Dibangun

29
Kepala Dinkes Padang Ferimulyani Hamid. (net)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang berencana membangun 3 puskemas dan 1 rumah sakit (RS) dalam 5 tahun ke depan. Rencana pembangunan 3 puskemas dan 1 RS itu tertuang dalam Sistem Kesehatan Daerah (SKD) Dinkes Kota Padang.

Kepala Dinkes Kota Padang, Feri Mulyani Hamid kepada Padang Ekspres, mengatakan, rencana pembangunan itu merupakan tindak lanjut dari SKD yang baru saja dipresentasikan dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan di Kota Padang.

Dalam SKD itu, Dinkes Kota Padang berencana akan membangun 3 puskemas dan 1 rumah sakit tambahan di Kota Padang dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Pembangunan fasilitas kesehatan (falkes) itu merupakan misi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan publik.

“Tiga puskesmas tambahan itu rencananya akan dibangun di 3 kecamatan yaitu di Kecamatan Pauh, Padang Barat dan Kecamatan Lubukkilangan (Luki),” jelasnya, kemarin.
Ferimulyani mengungkapkan, pembangunan 3 puskesmas di lokasi itu karena falkes 3 kecamatan tersebut tidak mencukupi dengan jumlah penduduk yang ada.

“Kan ada rasio 1 puskesmas itu untuk 30 ribu masyarakat, sementara di Kecamatan Padang Barat baru 1 puskesmas sedangkan jumlah penduduknya sekitar 80 ribu,” ujarnya.
Sedangkan untuk rencana pembangunan 1 rumah sakit tersebut tergantung dari naiknya tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang yang saat ini masih tipe C dan diharapkan bisa cepat menjadi tipe B.

Baca Juga:  Positif Covid-19 bakal Melonjak usai Lebaran, Tempat Isolasi Dibuka

“Nah jika nanti RSUD dr. Rasidin Padang berubah menjadi tipe B, maka nanti ada satu Puskesmas di Kota Padang yang diupgrade atau dijadikan RS baru di Kota Padang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah puskesmas di Kota Padang ada 24 unit. Namun dari 24 puskesmas itu satu puskesmas baru dibuka yakni puskesmas Parakkarakah. Namun karena masih baru, administrasinya masih di bawah Puskesmas Andalas.

Selain penambahan jumlah falkes di Kota Padang, pihaknya juga akan terus melakukan peningkatan kompetensi dan kualitas tenaga kesehatan (nakes) dan sumber daya kesehatan.

“Kami harapkan nanti ada penambahan-penambahan dan peningkatan kualitas dari SDM dan nakes di Kota Padang sehingga pembangunan falkes bisa sejalan dengan kualitas nakes di Kota Padang,” tukasnya. (a)

Previous articlePencurian Kabel Telkom Digagalkan, Satu Pelaku Diamankan
Next articlePenonton Delapan Kali Lebih Banyak