BPJamsostek Cabang Bukittinggi Bantu APD Tenaga Medis RSAM Bukittinggi

Serah terima bantuan APD dari BPJamsostek Cabang Bukittinggi kepada RSAM Bukittinggi. (Rifa Yanas-Padang Ekspres)

Untuk mendukung pemerintah membantu tenaga medis selama masa pandemi Covid-19, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Bukittinggi menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk petugas medis di Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi.

Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala BPJamsostek Bukittinggi, Yori Pratama, mengatakan, bantuan APD tersebut termasuk dalam salah satu Program Promotif Preventif BPJamsostek yang dilaksanakan setiap tahunnya di seluruh kantor cabang.

“APD yang kami serahkan terdiri atas sarung tangan, face shield, sepatu boot, baju hazmat, kaca mata pelindung dan masker bedah serta masker medis N95,” ungkap Yori kepada Padang Ekspres, Selasa (2/6).

Penyerahan bantuan digelar di posko Crisis Center Penanggulangan Covid-19 RSAM Bukittinggi. Hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Bukittinggi, Lisa Anamerta didampingi Kepala Bidang Umum dan SDM Susi Susanti.

Sementara dari pihak RSAM Bukittinggi diwakili Wadir Umum dan Keuangan Elfayenti didampingi Humas RSAM, Murshalman Chaniago.

Yori menjelaskan, bantuan itu sebagai salah satu bentuk kepedulian BPJamsostek dalam penanganan Covid-19 khususnya bagi petugas medis yang selama ini terus berjuang menangani pasien Covid-19 khususnya di wilayah kerja BPJamsostek Bukittinggi.

“Semoga bantuan APD yang diberikan tersebut bermanfaat dan dapat digunakan oleh tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19,” harapnya.

Ditambahkan Yori, terkait dengan Penyakit Akibat Kerja (PAK) bagi pekerja kesehatan ataupun relawan yang bertugas di fasilitas kesehatan atau perawatan Covid-19, maka BPJamsostek telah memberlakukan perluasan cakupan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Dijelaskannya, seluruh peserta yang sedang bekerja dan telah menerapkan protokol kesehatan kemudian tertular virus korona, maka sudah dicakup sebagai PAK dan berhak mendapat perlindungan dan penjaminan dalam program JKK.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam surat edaran Menteri Tenaga Kerja nomor: M/HK.04/V/2020 tentang Perlindungan Pekerja dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja pada Kasus Penyakit Akibat Kerja karena Covid-19.

”Oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh pemberi kerja dan pekerja yang bergerak dalam penanganan Covid-19 untuk bisa mendapat perlindungan dari BPJamsostek,” katanya.

Kendati begitu, Yori berharap penularan virus korona tidak lagi menimpa tenaga medis dan tenaga kesehatan, tenaga pendukung kesehatan serta tim relawan baik di RS rujukan Covid-19 maupun setiap fasilitas Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

“Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat segera pulih seperti sediakala,” pungkasnya.

Terpisah, Humas RSAM Bukittinggi Murshalman Chaniago menyebut pihaknya mengapresiasi bantuan APD yang telah diterima dari BPJamsostek.

“Terkait adanya bantuan APD dari berbagai pihak termasuk BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi kami sangat berterima kasih dan bersyukur. Karena bantuan ini sangat bermanfaat untuk kelancaran pelayanan RSAM sebagai RS rujukan Covid-19 di Sumatera Barat,” katanya. (rel/rf)