Himpuni, Lemhanas dan IKA Unand Bersatu Bantu APD Tenaga Media

Tim Peduli IKA Unand Lawan Covid-19 serahkan bantuan APD untuk disalurkan ke berbagai instalasi kesehatan di Sumbar, Rabu (6/5/2020)

Paket bantuan untuk paramedis dari Himpuni dan Lemhanas RI sampai ke Sekretariat DPP IKA Unand. Padang.

Paket alat pelindung diri (APD) tersebut diamanahkan ke IKA Unand untuk menyalurkannya ke paramedis yang bertugas di berbagai instalasi kesehatan di Sumbar.

“Ini kerja kepedulian bersama untuk mendukung paramedis kita yang tengah berjuang di garda terdepan melawan Covid-19,” ujar Sekjen DPP IKA Unand Reni Mayerni, Rabu (6/5/2020).

Prof Reni yang juga Deputi Lemhanas RI itu mengatakan, bantuan APD dari Lemhanas RI seperti sarung tangan medis, masker bedah dan masker N95 serta baju hasmat juga disalurkan ke berbagai provinsi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Di Sumbar kita bekerja sama dengan DPP IKA Unand untuk menyalurkannya. Kepedulian Lemhanas RI juga dalam rangka hari jadi lembaga negara ini,” ujarnya.

Koordinator Peduli IKA Unand Lawan Covid-19 Ilhamsyah Mirwan menambahkan, bantuan APD dari Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sejak Selasa (5/5/2020) sudah disalurkan.

“Sesuai arahan Bu Sekjen, penyaluran bantuan ini ditujukan ke rumah sakit dan puskesmas yang pasien positifnya tinggi. Banyak pasien positif tentu peluang penyebaran cukup luas juga,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejak awal IKA Unand Peduli Lawan Covid-19 sudah bergerak bersama dalam aksi serempak. Mulai dari membagikan hand sanitizer gratis kepada masyarakat dan petugas medis hingga tempat cuci tangan di areal publik. Selanjutnya, membagikan paket sembako.

“Kita tidak pernah berhenti peduli. Insya Allah IKA Unand terus bergerak dan hadir membantu. Apalagi untuk misi-misi sosial dan kemanusiaan,” kata ujar Anggota Tim Peduli Mona Sisca.(rel/esg)