106 Pegawai RSJ HB Saanin Ikuti Tes Swab

ilustrasi. (net)

Sebanyak 106 orang staf dan pegawai Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof HB. Saanin Padang menjalani pemeriksaan sampel swab mulut dan tenggorokan (testing) di laboratorium RSJ Prof HB. Saanin, kemarin (7/9).

Pengambilan sampel swab 106 orang staf dan pegawai tersebut dilakukan menyusul ditemukannya 2 orang pegawai di pelayanan RSJ Prof HB. Saanin Padang yang terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (6/9) lalu.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, pemeriksaan swab massal tersebut dilakukan dari pukul 07.00 sampai pukul 09.00 di salah satu laboratorium RSJ Prof HB Saanin Padang.

Direktur RSJ Prof HB. Saanin Padang, drg. Ernoviana mengatakan, 106 orang pegawai dan staf yang diperiksa swab mereka tersebut merupakan orang-orang yang memiliki kontak erat dengan 2 orang pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya.

“Kami telah melakukan pendataan pada Minggu lalu pasca-terkonfirmasinya dua pegawai kami positif Covid-19. Tracing cepat kami lakukan agar bisa segera diputus penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Ia menambahkan, 106 orang staf dan pegawai tersebut mayoritas pegawai yang bekerja di ruang pelayanan IGD RSJ Prof HB. Saanin Padang. “Kami prioritaskan untuk tes swab massal ini pegawai dan staf yang bekerja di pelayanan IGD RSJ Prof HB. Saanin Padang lantaran 2 pegawai yang positif Covid-19 tersebut bekerja di ruang pelayanan IGD,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ilham Anggap Mustahil Bangun Pusat Karantina di Pulau Pisang Gadang

Lebih lanjut Ernoviana menyampaikan, hasil tes swab 106 staf dan pegawai tersebut paling lambat keluar Selasa ini atau Rabu 9 September 2020 mendatang. “Jika hasilnya nanti dinyatakan negatif Covid-19, dan setelah kami data, maka pelayanan di IGD RSJ Prof HB. Saanin Padang akan dibuka kembali seperti biasa,” ujarnya.

Ia menambahkan, di RSJ Prof HB. Saanin Padang disediakan 12 kamar khusus untuk isolasi mandiri yang diperuntukkan bagi pasien RSJ Prof HB. Saanin Padang jika ditemukan ada yang positif Covid-19.

Diberitakan sebelumnya RSJ Prof HB. Saanin Padang menutup sementara pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) menyusul ditemukannya 2 orang pegawai yang dinyatakan positif Covid-19, Minggu (6/9).

Penutupan pelayanan di IGD RSJ Prof HB. Saanin Padang dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan RSJ dan juga untuk fokus dalam upaya tracing di lingkungan RSJ. (a)