Yusirwan Yusuf, Jabat Ketua PERSI Wilayah Sumbar: Cek Infonya

149
PEMASANGAN PIN: Ketum PERSI dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS, FISQua memasangkan pin kepada Ketua PERSI Wilayah Sumbar periode 2022-2025 DR. dr. Yusirwan Yusuf, Sp.B, Sp.BA (K), MARS, Sabtu (10/9).(ADETIO/PADEK)

Manajemen pengelolaan dan mutu pelayanan Rumah Sakit (RS) menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh manajemen RS. Sehingga masyarakat khususnya pasien yang berobat ke RS bisa dilayani dengan maksimal.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS, FISQua saat melantik pengurus PERSI Wilayah Sumbar periode 2022-2025, Sabtu (10/9) di hotel The ZHM Premiere Padang.

Bambang mengatakan, PERSI sendiri memiliki tugas untuk menghimpun dan mewakili rumah-rumah sakit di Indonesia dengan menghormati kedaulatan masing-masing dan menyukseskan program pemerintah dalam bidang kesehatan pada umumnya, dan rumah sakit pada khususnya dalam kaitannya dengan pengembangan sistem kesehatan nasional.

Ia menambahkan, saat ini fokus dari PERSI adalah bagaimana mengajak seluruh RS yang tergabung dalam PERSI bisa meningkatkan mutu pelayanan mereka kepada seluruh pasien.

Apalagi saat ini tantangan semakin berat dengan berkembang pesatnya era digital.
“Jadi percepatan peningkatan mutu pelayanan itu mesti dilakukan. Bagaimana membuat pelayanan di RS seefektif dan seefisien mungkin, agar pelayanan kesehatan kita di Indonesia tidak kalah dari negara lainnya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, peran dari PERSI sendiri bagi para anggotanya adalah memberikan bantuan-bantuan yang dibutuhkan oleh RS seperti bantuan peralatan kesehatan dan membantu bagaimana manejerial RS bisa lebih baik ke depan.

Baca Juga:  Keunggulan Kamar Bedah Operasi Semen Padang Hospital

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, RS yang menjadi anggota dari PERSI tersebar di 32 provinsi di Indonesia dengan jumlah anggto sekitar 2.600 RS, baik RS milik pemerintah maupun swasta.

Kemudian ia berharap kepada pengurus PERSI Wilayah Sumbar periode 2022-2025 terpilih bisa menjalankan amanah yang telah diberikan agar pelayanan kesehatan RS di Provinsi Sumbar menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Ketua PERSI Wilayah Sumbar periode 2022-2025 DR. dr. Yusirwan Yusuf, Sp.B, Sp.BA (K), MARS mengatakan, setelah dilantik, langkah awal yang dilakukan oleh PERSI Wilayah Sumbar adalah peningkatan layanan kesehatan bagi pasien yang berobat ke RS.

“Kita akui memang pelayanan kesehatan di Sumbar ini masih kurang. Masih banyak pasien yang antre berjam-jam hanya untuk konsultasi. Nah, ini yang harus kita benahi dalam waktu dekat,” jelas Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr. M. Djamil Padang itu.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya mengajak seluruh RS yang ada di Provinsi Sumbar agar bisa berinovasi menciptakan cara bagaimana pelayanan kesehatan bisa lebih efektif dan efisien agar pelayanan kepada pasien bisa lebih maksimal.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan pengurus Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit (MAKERSI) Wilayah Sumbar dan dilanjutkan dengan kegiatan seminar dan workshop. (adt)