Learn and Share SIG;  Perbaiki Pikiran, Imun Anda akan Meningkat 

19

Semen Indonesia Group (SIG) menggelar Learn and Share “Penguatan Imunitas & Kepatuhan Selama Masa Pandemi” dalam rangka mencegah penularan Covid-19 di lingkungan karyawan/ti SIG secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Jumat (9/10/2020) lalu.

Learn dan Share  menghadirkan praktisi Intuisi & Live Coach Nurcahyo Adi Kusumo sebagai Keynote Speaker dan Dokter Perusahaan PT Semen Padang,  dr. Selfi Farisha sebagai narasumber. Kegiatan itu diikuti jajaran Direksi SIG dan sejumlah jajaran Direksi anak perusahaan SIG, di antaranya, Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan, Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha SIG Fadjar Judisiawan, Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury, dan ratusan karyawan/ti di lingkungan SIG yang terdiri dari Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Solusi Bangun Indonesia.

Nurcahyo Adi Kusumo yang akrab disapa Mas Nur dalam Learn and Share itu menyampaikan, gaya hidup tidak sehat dan pekerjaan padat, dapat mengundang stres dan depresi yang merupakan penyakit mental yang semakin kritis dan menjadi ancaman bagi masyarakat perkotaan.

Penyakit mental itu menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun penyakit mental tersebut juga dapat menurunkan produktivitas kerja. “Oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan pola hidup sehat, disiplin dan patuh,” kata Mas Nur.

Pendiri Mahadibya Nurcahyo Chakrasana (MNC) itu juga menyampaikan bahwa seseorang yang bermental sehat, atau tidak sakit mental, dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, kata Mas Nur, orang yang kesehatan mentalnya terganggu, akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah kepada perilaku buruk.

“Penyakit mental seperti stres dan depresi itu tidak hanya muncul karena pekerjaan yang padat, tapi juga banyak hal, termasuk dari informasi hoax yang mengundang perasaan panik dan cemas. Perasaan ini tentunya akan dapat menurunkan imun tubuh,” ujarnya.

Agar imun tubuh terus meningkat, Mas Nur juga mengajak seluruh insan SIG untuk melakukan Self Healing dengan cara memperbaiki pikiran yang sebelumnya dipenuhi perasaan cemas, takut dan stres. “Termasuk stres, panik dan takut karena visur Covid-19,” bebernya.

Self Healing, kata Mas Nur, merupakan salah satu cara efektif yang dapat meningkatkan imun tubuh, apalagi dalam kondisi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang terinfeksi Covif-19 melakukan metode Self Healing untuk meningkatkan imun tubuhnya.

“Self Healing untuk meningkatkan imun tubuh ini sangat mudah dilakukan, yaitu selalu bahagia, karena kebahagiaan adalah kondisi jiwa yang terdiri atas perasaan tenang, damai, ridho terhadap diri sendiri dan puas atas ketetapan Allah SWT,” ungkap Mas Nur.

Baca Juga:  Wartawan Ujung Tombak Informasi, Perlu Kewaspadaan di Masa Pandemi

Kata Mas Nur, ada lima langkah untuk memiliki hidup bahagia. Pertama, temukan kebahagian dari orang lain dengan cara membantu dan membuat orang lain tersenyum, karena dengan tindakan yang diberikan kepada orang lain, dapat membuat bahagia diri sendiri.

Kedua, mulai apresiasi diri sendiri dan dunia. Kebahagian tidak hanya didapatvdariborang lain, tapi juga dari diri sendiri. “Dengan berpikir positif dan mengaresiasi diri dan dunia akan terasa lebih indah dan menyenangkan,” ungkap Life Coach yang sering wara-wiri diberbagai program televisi swasta di Indonesi ini.

Ketiga, tentuan tujuan dan buatlah target yang realitis. Target realitis itu agar tidak terjadinya kekecewaan bila tujuan tidak tercapai. Selanjutnya yang keempat, pelajari hal yang baru setuap hari. Ini dilakukan, karena seseorang sulit merasa positif dan bahagia, karena otak seseorang yang tidak mau melihat sisi lain dari sesuatu.

“Agar hidup bahagian dan positif, diperlukan pembelajaran sesuatu hal yang baru dalam kehidupan dengan melihat dengan perspektif yang berbeda,” katanya. Terakhir, sambungnya, belajar memaafkan dan melupakan. “Saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan orang lain terhadap diri kita, akan membuat hidup lebih bahagia,” imbuhnya.

Sependapat dengan Mas Nur, Doker Perusahaan PT Semen Padang dr.Selfi Farisha mengatakan bahwa untuk sembuh dari Covid-19 tidak hanya melalui penanganan medis, metode Self Healing juga dapat menyembuhkan Covid-19, karena Self Healing dapat meningkatkan imun tubuh dan terhindar dari paparan Covid-19.

Namun di samping itu, kata dia, tetap disiplin laksanakan protokol kesehatan untuk melindungi diri dari wabah Covid-19. “Protokol kesehatan harga mati pada saat landemi saat ini. Jadi, mari tetap disiplin prokol kesehatan dengan pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak fisik, serta hindari dan jangan bikin kerumunan,” kata dokter Semen Padang Hospital itu.

Secara terpisah, Direktur Keuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury mengharapkan agar selurun insan perusahaan terus aware dengan penyebaran virus Covid. “Webinar ini diharapkan makin meningkatkan kewaspadaan kita dalam mencegah penyebaran Covid,” kata Tubagus.

Dia mengatakan, saat ini trend kasus positif Covid 19 masih tinggi dan masih bertambah setiap harinya. Oleh karena itu kita harus terus mengupdate pengetahuan kita terkait virus Covid – 19 ini, termasuk cara mencegahnya.

“Salah satu faktor dan usaha yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah dengan berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga kita dapat menjaga kebugaran dan Kesehatan tubuh kita,” katanya. (*)