Enam OTG Negatif Korona, Dinkes Pariaman Apresiasi Warga Kompleks

Ilustrasi hasil uji swab negatif. (Foto: Armradio)

Enam orang warga Kompleks Perumahan Jati Raya Indah, Kecamatan Pariaman Tengah dinyatakan negatif Covid-19, Kamis (14/5/2020).

“Hasil uji swab yang dikeluarkan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, telah kita terima siang ini, dan semuanya Alhamdulillah dinyatakan negatif, sehingga status OTG (orang tanpa gejala) mereka secara resmi kita cabut,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul, Kamis sore (14/5/2020).

Menurut Syahrul, sebenarnya ada delapan orang yang mendapatkan status OTG, tapi hanya enam orang yang dilakukan uji swab karena dua orang lagi masih balita.

“Delapan orang tersebut merupakan dua keluarga (2 rumah) yang berdomisili di Perumahan Jati di Kecamatan Pariaman Tengah. Mereka saat ini telah isolasi mandiri dan mendapatkan dukungan masyarakat setempat,” katanya.

Syahrul mengatakan, kepatuhan mereka selaku orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 klaster Lubukbasung, patut dicontoh warga lainnya.

“Mereka dengan penuh kesadaran menghubungi Gugus Tugas Covid-19 Pariaman untuk diuji swab. Hal ini perlu dicontoh. Kejujuran adalah poin utama bagi kami dalam menangani Covid-19,” tukasnya.

Syahrul juga memuji kekompakan warga Kompleks Perumahan Jati Raya Indah yang langsung membuat jaring pengaman sosial, selama delapan orang tersebut isolasi mandiri di rumah.

“Kami sangat apresiasi warga kompleks yang telah memberikan keteladanan dalam mitigasi Covid-19, di mana para tetangga membelikan kebutuhan harian mereka, mulai dari makanan pokok, makanan bayi, air mineral dan segala keperluan lainnya. Tidak ada penolakan dan kepanikan tetangga. Bahkan tetangga memberikan perlindungan,” pujinya.(rel/esg)