Abadi Sentosa Pasang IPAL Bio Autotech di Puskesmas Lampasi

Pemasangan IPAL Bio Autotech di Puskesmas Lampasi, Kota Payakumbuh.

Puskesmas Lampasi di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina Kota Payakumbuh menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terus dipersiapkan. Kali ini, di Puskesmas Lampasi sedang dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“Instalasi pengolahan air limbah atau wastewater treatment plant ini dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain,” ujar Kepala Puskesmas Lampasi Hasnelidawati SKep MKM kepada wartawan, Senin (14/9/2020).

IPAL memiliki banyak manfaat, salah satunya mengola air limbah dari aktivitas di puskesmas yang tentu saja mengandung unsur kimiawi, menjadi air bersih. Air tersebut disaring secara ketat dan berkesinambungan.

Hasnelidawati sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, karena berdasarkan Permenkes tentang akreditasi Puskesmas harus memiliki IPAL. Selama ini kami baru mempunyai Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL),‘’ ungkapnya.

Adanya pembangunan IPAL ini, air limbah dari puskesmas tidak mencemari lingkungan masyarakat, bahkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Air limbah yang sudah disaring menjadi air bersih itu ditampung dalam sebuah kolam. Nah nantinya kolam itu akan kita isi ikan,” ujar Hasnelidawati, sembari tersenyum.

Baca Juga:  Boleh Khawatir, tapi Jangan Panik

Pembangunan IPAL di Puskesmas Limpasi itu sendiri dikerjakan oleh CV Abadi Sentosa. Project Manager-nya Johan menyampaikan bahwa pemasangan Instalasi Pengelolaan Air Limbah di Kota Payakumbuh ada dua lokasi yakni Puskesmas Lampasi, dan Puskesmas Ibuh, dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter.

“Untuk sistem alat yang kami pasang, akurasi dan optimalisasi hasil pengolahannya sudah sangat teruji, baik soal parameter PH, air COD, BOD yang dihasilkan dari pengolahan unit ini, sesuai dengan Permenkes. Permenkesnya sangat selektif. Jadi sekecil apapun mikroba yang terbuang akan tersaring olehnya,” ungkap Johan.

Pihaknya sudah berpengalaman dalam pemasangan IPAL di seluruh Indonesia dengan berbagai kapasitas. Di Kota Padang juga lagi progres pemasangan di Klinik Lantamal Teluk Bayur,” beber Johan.

Ditambahkan Johan, untuk project berikutnya  CV Abadi Sentosa sudah mempersiapkan bahwa IPAL di Indonesia akan ditingkatkan sistemnya. ‘’Diubah secara full automatic, ini untuk membuat hasil IPAL lebih baik lagi. Peralatan pun lebih awet jangka waktu penggunaannya, dan juga meringankan operator dalam perawatannya, pungkas Johan. (hsn)