Orangtua Dianjurkan Periksakan Gigi Anak ke SPH 3-6 Bulan Sekali

29
ilustrasi

Di Semen Padang Hospital tersedia dokter spesialis gigi anak untuk kesehatan gigi mereka. Anak-anak dapat dibawa ke SPH untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi bersama dokter spesialis gigi anak yang telah berpengalaman.

“SPH memiliki berbagai keunggulan dalam melakukan perawatan gigi pada anak yakni peralatannya lengkap dan tersedia, dokter yang menangani adalah dokter spesialis khusus gigi anak, seperti gigi anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, perawatnya terlatih, SOP mengikuti aturan/protokoler kesehatan yang berlaku,” jelas Dokter Spesialis Gigi Anak Semen Padang Hospital, Dr drg Dewi Elianora MDSc Sp. KGA  yang telah berprofesi sebagai dokter spesialis gigi anak sejak 2011 ini.

Selain itu, dalam pemeriksaan kesehatan gigi selama masa pandemi ini, pemeriksaan gigi dan mulut anak mengikuti aturan dan protokoler kesehatan yang berlaku, peralatannya lengkap dan tersedia sehingga tidak perlu takut berobat ke dokter gigi anak.

Ia juga mengimbau agar para orangtua melakukan pemeriksaan kesehatan rongga mulut sejak dini saat gigi susu sudah ada yang tumbuh, meskipun gigi susu kecil tapi sangat berpengaruh nantinya terhadap tumbuh kembang rahang anak. Gigi susu sangat penting sebagai guidline dari gigi tetap.

Baca Juga:  Simak!! Inilah Alasan Dirkeu Semen Padang Berani Mendonorkan Darahnya

Selain itu, mengatur pola makan dan minum anak untuk mencegah  gigi berlubang, menghindari minum susu botol/asi pada tengah malam (sambil tidur) setelah gigi anak erupsi, melakukan penambalan ke dokter gigi anak jika sudah terbentuk lubang gigi dan belum ada keluhan.

“Biasanya, saat anak sudah sakit gigi, orangtua akan menjadi panik, anak mengeluh dan menangis sakit, kadang diikuti demam dan pembengkakan menyebar sampai ke pipi dan di bawah mata. Ini tak boleh ditunda dan harus segera di bawa ke dokter gigi anak,” imbaunya.

Ia juga meminta orangtua untuk rutin melakukan konsultasi setiap 3-6 bulan untuk melihat tumbuh kembang gigi dan rahang anak. Hal itu agar kualitas hidup anak menjadi lebih baik karena anak merupakan harapan orang tua dan masa depan bangsa.

Dokter Dewi merupakan alumni S1 FKG Unbrah, Sp. KGA UGM, S2 university Malaya KL Malaysia dan S3 FKG UGM. Untuk dapat melakukan pemeriksaan gigi anak dengan dokter Dewi, silahkan lakukan pengecekan jadwal di website SPH dan lakukan booking via online ataupun whatsApp.(*)