1.645 Orang Warga Berusia di Atas 40 Tahun bakal Dites Swab

160
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Selatan, Novirman. (Foto: Arditono-Padang Ekspres)

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, mengambil sampel 1.645 orang untuk dites swab. Sampel tersebut berasal dari warga berusia 40 tahun ke atas di setiap nagari, termasuk tenaga pendidik dan warga yang sering keluar daerah selama tatanan kehidupan normal baru.

“Seluruh sampel itu akan kita ambil pada Kamis dan Jumat (18-19/6) di 39 nagari yang ada di Solsel, untuk memastikan tidak ada lagi warga yang terjangkit Covid-19,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Selatan, Novirman kepada Padang Ekspres, Selasa (16/6/2020).

Dia menjelaskan, lima orang tenaga medis di tiap puskesmas sudah disiapkan untuk pengambilan sampel tersebut.

Sampel swab katanya akan diambil setiap satu orang per kepala keluarga (KK). Dalam satu kluster atau per nagari minimal diambil 56 sampel. Sampel terbanyak yang akan diambil adalah guru atau tenaga pendidik, karena domisilinya banyak di luar daerah Solsel.

“Diperkirakan ada 1.000 guru ditingkat Paud, TK, SMP sederajat dan SMA sederajat di Solsel yang akan diambil sampel swabnya. Untuk memastikan sekolah aman dari Covid-19 ketika sekolah dibuka kembali,” jelasnya.

Ia menjelaskan petugas nanti akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). (tno)