Ada Senam Hamil di Semen Padang Hospital, Cek Manfaat dan Cara Mengikutinya

25

Semen Padang Hospital (SPH) memiliki fasilitas khusus untuk ibu hamil, salah satunya fasilitas untuk senam hamil. Fasilitas ini sudah ada sejak tahun 2018. Namun selama pandemi operasionalnya sempat dihentikan.

Bidan pelaksana, Ulil Tari Minarti, Str.Keb mengatakan, senam hamil merupakan sebuah olahraga dalam masa kehamilan yang meliputi latihan-latihan ringan untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh, flesibilitas dan peredaran darah.

“Manfaat senam hamil sangat banyak, di antaranya meningkatkan stamina, memperkuat otot dan sendi, mengurangi nyeri tulang belakang akibat pertambahan beban pada tubuh, membuat tidur lebih nyenyak, dan meredakan nyeri, sakit dan ketidaknyamanan selama kehamilan serta memperkuat jantung dan paru paru,” katanya saat dihubungi di Padang.

Menurutnya, senam hamil juga membutuhkan kehadiran dan support suami.

“Dalam senam hamil sangat membantu meningkatkan semangat ibu dan akan lebih menciptakan bonding antara ibu, calon bayi dan ayah. Sehingga pada tahap persalinan ayah dan ibu menjadi satu kesatuan dalam berjuang saat proses persalinan,” jelasnya.

Kehadiran suami pada senam hamil, akan menjadi support system saat melakukan gerakan-gerakan pada senam sehingga ibu merasa nyaman dan semangat dalam perjuangan menanti si buah hati

Baca Juga:  Capaian Luar Jawa-Bali baru 35%, Daerah Diminta Lanjutkan Imunisasi Cegah KLB

“Senam hamil bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil,sekaligus mempersiapkan fisik dan mental ibu untuk persalinan,” jelasnya.

Jadwal Senam Hamil di SPH

Jadwal senam hamil di SPH setiap minggu kedua dan keempat di hari Sabtu pukul 10.00 WIB sampai selesai dengan instruktur satu orang.

Cara mendaftar senam hamil bisa dilakukan dengan mendaftar seperti biasa ke bagian admisi rawat jalan, lalu membawa struk pendaftaran ke bagian kasir.

“Ibu hamil melakukan pembayaran dan membawa kuitansi lunas ke tempat senam dan memberikannya kepada instruktur,” terangnya.

Pasien ibu hamil harus booking dulu minimal dua hari sebelum hari H senam. Dengan menghubungi PIC, Tari.

“Tahun 2022 ini kita akan memulai kembali senam hamil, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan untuk Ibu hamil yang di anjurkan untuk senam hamil di usia 28 minggu sampai 40 minggu,” tukasnya.(rel)