Satu-satunya di Pulau Sumatera, Diagnos Laboratorium Hadir di Padang

Peresmian Diagnos Laboratorium Padang di Jl Proklamasi 39 Padang, Kamis (19/11/2020).

Diagnos Laboratorium yang menjadi bagian Bundamedik Healthcare System (BHMS), hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan prima bagi masyarakat Sumatera Barat.

“Kami menyediakan kualitas tinggi, andal, dan layanan laboratorium yang konsisten untuk semua mitra dan pelanggan Diagnos. Komitmen kami, Diagnos Laboratorium Padang lahir sebagai ekspektasi laboratorium yang memenuhi syarat, lengkap dan berorientasi pasien,” ungkap Direktur Utama PT Diagnos Laboratorium Utama, Ir Mesha Rizal Sini MEng, saat pembukaan Diagnos Laboratorium Padang, Kamis (19/11/2020).

Diagnos Laboratorium Cabang Padang merupakan labor ke-6 Bundamedik. Menempati gedung yang megah dengan warna menyejukkan mata di Jl Proklamasi No 39 Padang.

“Kami melihat wilayah Padang merupakan potensi terbaik untuk mengembangkan laboratorium klinik,” ujar Mesha Rizal Sini.

Memanfaatkan kemajuan teknologi bidang kesehatan terkini, Diagnos Laboratorium memiliki pemeriksaan genetic, salah satunya; NIPT (Non-Invasive Prenatal Test).

“Dengan Tes NIPT pada ibu hamil, maka dapat dideteksi kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Pada tes ini, sampel darah ibu hamil yang telah mencapai usia kehamilan 10 minggu, akan diambil dan diuji,” jelas Mesha.

Baca Juga:  Jadikan Media Ujung Tombak Sosialisasi dan Edukasi tentang Vaksin

Managing Director Diagnos Laboratorium, dr Dennis Jacobus, SpPK menambahkan, selain pemeriksaan genetic, laboratorium ini juga menyediakan fasilitas pemeriksaan rutin, seperti hematologi, pulmonologi dan kimia. Termasuk juga melakukan pemeriksaan swab.

“Diagnos Laboratorium di Jakarta, satu satunya laboratorium swasta pertama yang melakukan pemeriksaan swab di bulan Maret lalu. Namun, tahap awal melakukan pemeriksaan swab Covid-19 ini di Padang, kita mengirimkan ke laboratorium di Jakarta dulu. Ke depan juga menyediakan fasilitas pemeriksaan molekuler yang juga di-support Diagnos Laboratorium Jakarta,” terangnya.

Hadirnya Diagnos Laboratoium Cabang Padang ini satu-satunya di Pulau Sumatera. Laboratorium ini menyalurkan pemeriksaan yang sulit dijangkau di kota ini. “Untuk SDM, kita semua menggunakan standar  mengikuti aturan Kementerian Kesehatan. Di mana SDM kita memiliki sertifikasi dan kompetensi,” ujarnya.

Diagnos Laboratorium dapat dihubungi melalui Contact Center Diagnos Laboaratorium Padang (0751) 4771301 atau website www.diagnos.co.id. (hsn)