Klinik Sehat Gajah Mada Konsisten Menyelenggarakan Prolanis

104
Peserta Prolanis berpose di beranda Klinik Sehat Gajah Mada, Padang. (Foto Fitra Mulia)

Ermaini, salah seorang peserta JKN-KIS yang rutin mengikuti program Prolanis di Klinik Sehat Gajah Mada di Jalan Gajah Mada Kota Padang.

Tiap dua minggu, Mai, begitu biasanya guru ini disapa, bersama peserta Prolanis lainnya rutin melaksanakan senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang dikoordinir oleh Klinik Sehat Gajah Mada.

Walaupun jauh dari tempat tinggalnya di Lubuk Minturun, tapi Mai selalu rutin datang bersama suaminya Basrizal yang juga Ketua Klub Senam di Klinik Sehat Gajah Mada.

Prolanis merupakan pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif. Dilaksanakan secara terintegrasi, melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis.

Sebagai peserta penerima pensiunan PNS yang dulu disebut Peserta Askes yang terdiagnosa mengidap Hipertensi sejak 2016 lalu, Mai mengatakan Prolanis program yang baik dan efektif untuk menjaga kesehatannya.

“Saya sendiri awalnya tidak mengetahui tentang apa itu hipertensi serta bahayanya. Adanya prolanis, saya menjadi paham dengan penyakit yang saya derita. Saya punya upaya agar penyakit saya tidak bertambah parah. Saya juga jadi lebih semangat. Makanya saya antusias melaksanakan senam dan edukasi yang dilakukan oleh paramedis di Klinik Sehat Gajah Mada,” ujar Mai.

Mai menceritakan, pertama kali dengan program prolanis dari owner Klinik Sehat Gajah Mada, Nasrizal. Setiap kali saya berkunjung, beliau selalu menyampaikan Jadwal Pengambilan Obat dan Senam.

“Memang awalnya saya kurang peduli. Pikir saya, mungkin ini hanya sekadar program dari klinik. Tapi setelah Pak Nasrizal dan Dokter Klinik, dr Thyesa,  menjelaskan lebih detail tentang Prolanis. Mereka juga mengingatkan saya soal bahaya hipertensi yang saya derita ini, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan kematian,” jelas Mai kepada padek.co. (hsn)