Dari 3.195 Sampel yang Diperiksa, 33 Orang Positif Covid-19 

ilustrasi. (net)

Lonjakan kasus positif Covid-19 di Sumbar tak henti-hentinya terjadi. Hari ini, Sabtu (22/08/2020), sebanyak 33 orang warga Sumbar terkonfirmasi positif korona.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan pemeriksaan sampel spesimen kali ini merupakan yang terbanyak dibandingkan sebelumnya. Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang dan Laboratorium Veteriner Baso, Agam memeriksa sebanyak 3.195 sampel.

“Ini adalah rekor terbanyak pemeriksaan sampel spesimen di laboratorium yang pernah terjadi di Indonesia,” jelas Jasman, Sabtu (22/08/2020).

Dari pemeriksaan itu kata Jasman ditemukan sementara 33 sampel  terkonfirmasi positif dengan rincian Padang 26 orang, Bukittinggi 1 orang, Agam 2 orang, Tanahdatar 1 orang, Limapuluh Kota 2 orang, dan Payakumbuh 1 orang. “Hampir semua yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat datang dari luar Sumbar,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat melakukan tes swab usai bepergian ke luar Sumbar. “Manfaatkanlah test PCR (swab) gratis yang telah disediakan Pemprov Sumbar diberbagai fasilitas kesehatan, termasuk bandara,” ajak Jasman. (rel)