FKG Unand-FKG Unbrah, Gelar Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Online

27

Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Unand dan Universitas Baiturrahmah (Unbrah) berkolaborasi melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Menariknya, kegiatan yang diikuti 108 peserta dari akademika UIN Imam Bonjol ini, dilaksanakan secara daring via, Zoom.

Rektor Unand Prof Dr Yuliandri SH MH dan Wakil Rektor I Unbrah Dr rer nat Ir Syafrimen Yasin MS MSc menyambut baik kerja sama ini. Keduanya menilai kerja sama ini memberikan dampak positif kepada kedua institusi, plus masyarakat dalam hal ini akademika UIN Imam Bonjol Padang.

Dekan FKG Unand Dr drg Nila Kasuma MBiomed dan Dekan FKG Unbrah drg Citra Lestari MDSc Sp Perio menyebutkan bahwa dasar kolaborasi ini untuk kemajuan kedua fakultas guna mempersiapkan akreditasi.

Penerapan konsultasi dan pengobatan gigi menggunakan media online pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diujicobakan oleh dosen FKG Unand dan Unbrah pada tanggal 20 Maret 2021 lalu.

“Pelayanan kesehatan gigi dilakukan antara dokter gigi dengan pasien. Pengabdian ini dilakukan pada civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang sebagai pasien.  Dokter yang memberi pelayanan secara jarak jauh kepada pasien dan bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan yang diberikannya, termasuk menjamin keamanan data,” ujar Dr Nila.

Baca Juga:  Positif Covid-19 bakal Melonjak usai Lebaran, Tempat Isolasi Dibuka

Proses pemilihan metode konsultasi dan pengobatan gigi secara online ini, tambah dia, karena di era pandemi Covid-19 pasien dan dokter gigi merasa takut terkontaminasi virus tersebut.

Untuk memperkecil kontak langsung, maka aplikasi metode konsultasi dan pengobatan gigi secara online diujicobakan dalam meningkatkan pelayanan gigi dan mulut di era pandemi menuju kenormalan baru.

Melalui metode konsultasi dan pengobatan gigi secara online ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengatasi masalah penyakit gigi dan mulut. Pengabdian masyarakat oleh dosen FKG Unand dan FKG Unbrah salah satu kewajiban sebagai pendidik dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. (rdo)

Previous articleSandiaga Uno dan Andre Rosiade Kunjungi Geopark Silokek Sijunjung
Next articlePertahankan Investment Grade Stabil