Ilham Anggap Mustahil Bangun Pusat Karantina di Pulau Pisang Gadang

41
Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana

Keinginan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah untuk menjadikan Pulau Pisang Gadang sebagai lokasi karantina bagi pasien Covid-19, tidak mendapat respons positif dari DPRD Kota Padang. Hal ini dikemukakan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana.

Menurut Ilham Maulana, untuk merealisasikan Pulau Pisang Gadang sebagai tempat karantina pasien Covid -19 sangat mustahil. Apalagi pada saat ini masih banyak rumah sakit dan tempat karantina lain yang belum dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Padang.

“Jika ingin menjadikan Pulau Pisang Gadang sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19, Walikota Padang harus membicarakan dengan DPRD Kota Padang. Selain itu, masih banyak tempat isolasi yang belum dimanfaatkan pemerintah Kota Padang di saat pandemi yang kian hari tumbuh bak jamur di musim hujan ini,” ujar Ilham, Rabu (23/9/2020).

Ilham Maulana menekankan, lebih baik Pemko Padang melalui dinas-dinas terkait serius melaksanakan kewajiban menjalankan protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Kita lihat saja saat ini, kesadaran masyarakat belum terbangun menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, pemerintah belum mengatur bagaimana cara pedagang yang berjualan dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi pada saat ini banyak pedagang yang masih mengindahkan protokol kesehatan. Ini yang harus dikejar oleh Pemko Padang,” tegasnya.

Baca Juga:  Nasrul Abit: Jangan Tunggu Kena Covid, Baru Percaya Bahayanya

Ia memandang menjadikan Pulau Pisang Besar sebagai tempat karantina pasien Covid-19 bermuatan politis. “Jujur, darimana anggaran untuk membangun pusat karantina tersebut. Saat ini saja Kota Padang berburu PAD, mengejar kekurangan yang ada. Saya melihat, keinginan walikota tersebut lebih banyak muatan politiknya jelang pilgub 2020 ini. Lebih baik walikota fokus mengejar PAD dari pajak dan retribusi yang belum dibayarkan oleh para pengusaha,” ujarnya.

Sebelumnya Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di berbagai media online menyampaikan keinginan untuk menjadikan Pulau Pisang Gadang yang ada di Kota Padang sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19. Ke depan pulau ini direncanakan akan dibangun fasilitas untuk menampung pasien -pasien Covid-19.

“Pulau ini di siapkan jika tempat karantina yang ada tidak mampu lagi menampung pasien covid, apalagi kasus Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhirnya,” ujar Mahyeldi. (*)