DR Andani: Tak Ada Pasien Meninggal Semata-mata karena Corona

Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Unand Dr dr Andani Eka Putra.

Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Unand, Dr dr Andani Eka Putra, menyayangkan stigma yang selama ini lekat di benak masyarakat. Seolah-olah orang yang terpapar Covid-19 pasti akan meninggal. Itu pemahaman yang salah.

“Stigma negatif yang dibangun selama ini harus segera dihapuskan, karena virus tersebut akan mati karena sinar matahari atau panas, selama ini rasa takut tersebut yang membuat panik banyak orang,” tukas DR Andani dalam Forum Diskusi Grup (FGD) yang diadakan Direktorat Intelkam Polda Sumbar, di Hotel Kyriad Padang, Rabu (24/6/2020).

Dia menegaskan, saat ini belum ada yang orang yang meninggal murni karena Corona. Pasien yang meninggal itu penyebabnya dilatarbelakangi adanya riwayat penyakit penyerta seperti; jantung, gula, paru, ginjal, dan lainnya.

Andani menegaskan depresi karena berbagai informasi menyesatkan itu, menjadi andil tersendiri terhadap pelemahan stamina pasien. “Karena di bawah tekanan dengan berbagai asumsi negatif, pasien semakin drop. Hal ini merupakan penyebab semakin parah dan jatuhnya stamina pasien,” ujarnya. (*/hsn)

Judul dan isi berita ini telah kami koreksi dengan judul, Dr Andani: Pada Fase Erupsi Covid, Kematian Bisa terjadi karena Viral Load Meningkat.

Dengan demikian kesalahan telah kami perbaiki. Terima kasih.