Dr Andani: Pada Fase Erupsi Covid, Kematian Bisa terjadi karena Viral Load Meningkat

2112
Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Unand, Dr dr Andani Eka Putra

Dr dr Andani Eka Putra menanggapi dan meluruskan tentang pemberitaan padek.co sebelumnya berjudul “Tak Ada Pasien Meninggal Semata-mata karena Corona”.

Menurut Andani, dalam konsep penyakit, hampir tidak ada yang bersifat mutlak. Hal ini yang harus dipahami benar oleh semua orang.

“Di berbagai kesempatan saya selalu mengatakan bahwa terdapat beberapa fase perkembangan pandemi, yaitu prepatogenesis, patogenesis, erupsi, konvalensi,” ujar Dr Andani kepada padek.co via Whatsapp.

Pada fase patogenesis, kematian masih sedikit dan itu terutama terkait dengan komorbid dan usia. Hampir tidak ada kematian pada fase ini karena Covid. hal ini berkaitan dengan viral load virus yang rendah.

Sebaliknya, pada fase erupsi, sudah terjadi infeksi pada 30-40% populasi dalam satu periode, sehingga kematian bisa terjadi dengan atau tanpa komorbid, karena viral load meningkat. (viral load adalah tolak ukur mengenai sudah seberapa jauh dan cepat penyakit berkembang dalam tubuh yang diketahui lewat jumlah virus di dalam sampel darah-Red).

“Jadi dalam hal ini berita yang mengutip pernyataan saya yang menyatakan bahwa tidak ada pasien meninggal semata-mata karena corona adalah kurang tepat. Sebab dalam konsep penyakit, hampir tidak ada yang mutlak,” ujar Dr Andani. (*/hsn)

Judul artikel berita ini sebelumnya adalah DR Andani: Tak Ada Pasien Meninggal Semata-mata karena Corona

Judul dan isi berita itu kami koreksi karena tidak akurat dalam mengutip dan menyimpulkan pernyataan Dr dr Andani Eka Putra sehingga terlepas dari konteks dan isi berita.

Dengan demikian kesalahan telah kami perbaiki. Terima kasih.